Fauzi, Moh (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi Sebagai Materi Ajar Seni Budaya Bidang Drama Di Kelas X. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
MOH FAUZI_2021_FULL TEKS (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
MOH FAUZI_2021_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
MOH FAUZI_2021_BAB V PENUTUP.pdf Download (859kB) |
|
Text
Moh Fauzi_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf.pdf Download (470kB) |
|
Text
Moh Fauzi_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi sebagai Bahan Ajar di Kelas X”. Pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat diterapkan mulai dari pengenalan naskah drama salah satunya pada naskah drama Siorong. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Siorong karya Yandi Helmi serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui pada perangkat pembelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. secara metodologis. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi pustaka dan memiliki karakteristik seperti yang dicirikan oleh rancangan kualitatif. Dari segi jenis, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni sutradara, aktor/aktris,dan pelaku yang terlibat dalam proses latihan hingga pementasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan delapan nilai pendidikan karakter dalam naskah drama ini. Delapan nilai pendidikan karakter itu adalah (1) religius, (2) jujur, (3) kreatif, (4) kerja keras, (5) toleransi, (6) cinta damai, (7) peduli sosial, dan (8) tanggung jawab. Penggambaran watak tokoh dalam naskah drama ini ditinjau dari segi penokohan adalah secara tidak langsung atau secara dramatik. Nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui dalam naskah drama Siorong diimplementasikan menjadi bahan ajar pada mata pelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X yang terdiri dari beberapa unsur perangkat pembelajaran. Beberapa unsur perangkat pembelajaran yang dimaksud yaitu penetapan indikator pencapaian kompetensi, silabus, analisis standar kompetensi lulusan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keempat unsur perangkat pembelajaran tersebut berdasarkan kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai pendidikan karakter, naskah drama Siorong, deskriptif kualitatif, perangkat pembelajaran | |||||||||
Subjects: | Karawitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater | |||||||||
Depositing User: | Moh Fauzi | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2021 00:58 | |||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2021 00:58 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7966 |
Actions (login required)
View Item |