Widodo, Andreas Slamet (2021) Estetika Gaya Desain Brand Djarum Black (Kajian Visual Iklan Billboard Djarum Black Tahun 2004-2011). Doctoral thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Desertasi Full Tek Slamet Widodo.pdf Download (9MB) |
|
Text
I. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
V. Penutup.pdf Download (585kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan agar dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan melakukan promosi menggunakan media iklan billboard, yang biasa dipakai dalam beriklan produk rokok. Hal ini terkait dengan pembentukan jenama produk Djarum Black yang dibangun oleh perusahaan. Pembangunan jenama melalui iklan billboard tersebut menampilkan gaya desain yang mengangkat gaya hidup urban. Terdapat perubahan gaya desain mulai dari awal munculnya produk di pasaran hingga kini. Promosi yang dilakukan mulai beriklan hingga aktivitas kontes dan pameran inovasi teknologi serta otomotif. Konsumen meyakini bahwa jenama yang terbangun itu bukan sekadar merek produk rokok tetapi telah menjadi identitas kelompok sosial dari konsumen Djarum Black. Penelitian ini melalui pendekatan estetika visual pada media penjenamaan Djarum Black. Strategi periklanan pada promosi Djarum Black dilakukan melalui tiga tahapan periklanan, yaitu: tahap perintisan, tahap persaingan, dan tahap pertahanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan objek kajian visual iklan billboard Djarum Black periode tahun 2004-2011. Pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak Djarum dan Biro Iklan Solo serta observasi lapangan. Data yang dianalisis berupa 18 desain iklan billboard Djarum Black. Penelitian ini bertujuan untuk menguji estetika berdasar atas ideologi dan mitos pada visual desain iklan, pesan visual pada media iklan billboard Djarum Black memiliki gaya desain yang mengarah pada gaya hidup konsumen. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) gaya desain dan makna visual pada media billboard Djarum Black; (2) relasi ideologi dalam iklan billboard Djarum Black dengan gaya hidup masyarakat urban; (3) retorika visual iklan billboard yang berpengaruh dalam membentuk identitas konsumen Djarum Black. Temuan penelitian, yaitu retorika visual iklan billboard terdapat pergeseran makna pada identitas konsumen Djarum Black karena perubahan strategi dari perusahaan. Dari makna identitas konsumen yang imajiner ke real, dimulai dari identitas cara bersantai, selera penampilan pria urban, dan komunitas inovator teknologi. Pada identitas yang terakhir tersebut terbentuklah identitas komunitas yang real, yaitu komunitas otomotif yang terbentuk dari kesamaan hobi pada kegiatan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91001# PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | desain, billboard, retorika visual, gaya hidup | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Jono JonoJono | ||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2021 02:52 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2021 03:40 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8321 |
Actions (login required)
View Item |