Peran Konflik dalam Membangun Karakter Tokoh Utama pada Film “Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, dan Cinta”

Eka Prasetya, Galeh (2020) Peran Konflik dalam Membangun Karakter Tokoh Utama pada Film “Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, dan Cinta”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILMTV_SKRIPSI_2020_1510750032_GALEH EKA PRASETYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1510750032.pdf

Download (635kB)
[img] Other (Desain)
DESAIN_PUBLIKASI_TRAILER.rar
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul “Peran Konflik dalam Membangun Karakter Tokoh Utama Pada Film Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, dan Cinta bertujuan untuk mengetahui bentuk konflik yang terjadi, karakter tokoh utama, dan penerapan konflik dalam membangun karakter. Dalam menganalisa data, penelitian ini menggunakan teori dari Linda Seger yang menjelaskan bahwa dalam membedah suatu konflik perlu mengetahui motivation, action, goal, conflict serta teori karakter dari Vladimir Propp yang menjelaskan ada 7 karakter yaitu penolong, pengirim, pahlawan, putri/ayah, penderma, penjahat, dan pahlawan palsu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif, bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan tentang fenomena terhadap objek penelitian hingga mendapatkan hasil dan kesimpulan. Langkah penelitian dimulai dengan menonton video film Sultan Agung : Tahta, Perjuangan, dan Cinta, kemudian mengamati konflik tokoh utama dalam setiap scene, konflik yang muncul kemudian dianalisis untuk menemukan karakter tokoh utama yang muncul dalam konflik tersebut, kemudian mengamati peran konflik dalam membangun karakter tokoh utama. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ada 40 scene yang terdapat konflik pada tokoh utama. Bentuk konflik yang terjadi ada konflik batin, konflik situasional, konflik personal, dan konflik sosial. Konflik yang mendominasi adalah konflik situasional. Dari 40 scene kemudian dikerucutkan menjadi 16 scene yang mempunyai peran dalam pembangunan karakter versi Vladimir Propp. Tokoh Sultan Agung terdapat karakter pengirim, ayah/raja, pahlawan, dan penolong. Tokoh Lembayung terdapat karakter pahlawan dan penolong. Tokoh Kelana terdapat karakter penolong, pahlawan, dan pahlawan palsu. Karakter yang mendominasi pada film ini adalah penolong dan pahlawan. Kata kunci : konflik, karakter tokoh utama, pembangunan karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Eka Prasetya, Galehnim1510750032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMaemunah, Sitinidn0017116102
ContributorKustanto, Liliknidn0013037405
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: konflik, karakter tokoh utama, pembangunan karakter
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 03 May 2021 04:49
Last Modified: 03 May 2021 04:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item