Rony H, NIM.122 0695 412 (2014) Kajian Ikonografi Arsitektur Dan Interior Masjid Kristal Khadija Yayasan Budi Mulia Dua, Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I Roony.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
Abstract
Masjid Kristal Khadija adalah sebuah masjid yang berada di kompleks SMP dan SMA Internasional dibawah naungan Yayasan Budi Mulia Dua di Yogyakarta. Masjid ini memiliki keunikan yakni arsitektur dan desain interior yang dominan dihiasi material kaca. Ornamen muqarnash yang tebuat dari susunan kaca cermin yang membentuk kristal terlihat anggun dan indah dengan desain interior masjid yang dihiasi beragam pernik-pernik kristal sehingga menjadikannya sebuah bangunan monumental kebanggaan Yayasan Budi Mulia Dua. Melalui kajian ikonografi maka dirumuskan permasalahan penelitian ini, yakni; 1) Apa makna primer dari arsitektur dan interior Masjid Kristal Khadija?, 2) Apa makna konvensional terkait tema dan konsep dari arsitektur dan interior Masjid Kristal Khadija?, 3) Apa makna intrinsik yang ingin disampaikan dari arsitektur dan interior Masjid Kristal Khadija?. Masjid Kristal Khadija sebagai karya seni akan dikaji dengan metode ikonografi yang diperkenalkan Erwin Panofsky. Metode ini adalah suatu studi untuk mengungkapkan makna dari suatu karya seni dengan tahapan-tahapan yakni; deskripsi pra ikonografi, analisis ikonografi dan interpretasi ikonologi. Ketiga proses tahap kajian tersebut memiliki hubungan yang bersifat prerequisite atau prasyarat dari tahapan satu dengan tahapan selanjutnya. Hasil penelitian pada tahap deskripsi pre-ikonografi diperoleh makna primer yang menunjukkan bahwa wujud arsitektur dan interior Masjid Kristal Khadija memiliki ciri-ciri masjid bergaya Persia, tetapi masjid ini bukan termasuk tipe hipostyle karena bangunan masjid yang berdiri sendiri serta tidak dilengkapi riwaqs yang mengelilingi shaan. Tahap analisis ikonografi menghasilkan makna sekunder yakni konvensi yang ditunjukkan oleh tema feminin dengan konsep material kaca cermin yang diasosiasikan aktivitas kaum wanita yakni bersolek. Tahap interpretasi ikonologi dihasilkan pemaknaan secara simbolis bahwa Masjid Kristal Khadija merepresentasikan ide dan gagasan tokoh dibaliknya. Berdasarkan dari tendensi psikologi personal Masjid Kristal Khadija dalam bentuk simbolisnya adalah merupakan sebuah persembahan kasih sayang, kecintaan, penghargaan dan penghormatan. Penafsiran makna ini dapat menambah muatan filosofi Masjid Kristal Khadija sebagai ikon kebanggaan Yayasan Budi Mulia Dua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program S-2 Studi penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Uncontrolled Keywords: | Arsitektur, Interior , Masjid Kristal Khadija, Kajian Ikonografi, Yayasan Budi Mulia | ||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 18 Nov 2015 06:49 | ||||
Last Modified: | 18 Nov 2015 06:49 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/848 |
Actions (login required)
View Item |