Perancangan Visual Branding Demakreatif Sebagai Media Promosi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Demak

Muhammad Khoirur Rohman, NIM 101 2061 024 (2015) Perancangan Visual Branding Demakreatif Sebagai Media Promosi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Demak. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Letak strategis menjadikan Kabupaten Demak sangat potensial sebagai aset untuk pertumbuhan perekonomian Jawa Tengah, karena merupakan jalur lalu lintas padat dan jalur utama yaitu jalur pantai utara (Pantura) pulau Jawa. Kabupaten Demak memiliki banyak potensi yang layak dikunjungi oleh masyarakat seperti potensi pariwisata, kebudayaan, potensi industri kreatif dan potensi sumber daya manusia yang kreatif. Dari dasar tersebut maka dilakukan riset dan penelitian yang bertujuan untuk mengangkat positioning dan membangun sebuah image dengan melalui perancangan visual branding Demakreatif sebagai media promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Demak. Dari perancangan tersebut dapat menjadi sebuah gagasan atau ide yang dapat menyajikan keunikan dan kekayaan potensi yang dimiliki Kabupaten Demak. Proses perancangan dilakukan dengan acuan landasan teori yang berkaitan dengan visualbranding. Kemudian diolah dan dianalisis dengan metode perancangan. Semua itu dilakukan untuk memperoleh data yang kuat untuk selanjutnya keproses konsep kreatif. Pada konsep perancangan,diuraikan lebih detail mengenai visualbranding Demakreatif yang meliputi logo yang dirancang bernuansa religi dan kebudayaan , tagline, gaya ilustrasi dan warna yang digunakan, kemudian diintegrasikan melalui media utama dan media pendukung. Pada proses visualisasi, berawal dari proses pencarian data visual untuk perancangan logo, maskot, tagline, master ilustrasi dan didesain dengan nuansa modern kemudian diterapkan pada media utama berupa virtual media seperti: website, desain profil facebook, desain background twitter dan media pendukung seperti: poster, billboard, iklan majalah, iklan surat kabar, brosur, mug, t-shirt, dll. Kesimpulan yang diperoleh bahwa dalam perancangan visualbranding Demakreatif ini digunakan dengan pendekatan potensi pariwisata Kabupaten Demak yang merupakan aset untuk dijadikan suatu positioning dan image untuk pencitraan kota. Sehingga visualbrandingdengan nuansa religi, budaya dan modern dapat menarik masyarakat atau wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Khoirur Rohman, NIM 101 2061 024UNSPECIFIED
Department: Program S-1 Disain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa
Uncontrolled Keywords: VisualBranding, Demakreatif, Demak, Potensi wisata, media promosi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 19 Nov 2015 04:15
Last Modified: 19 Nov 2015 04:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item