Afsiser, Anjani Imania Citra (2021) Proses Kreatif Dari Perspektif Seorang Disleksik. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
|
Text
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_JURNAL.pdf Download (6MB) |
|
Archive
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_KARYA.zip Restricted to Repository staff only Download (28MB) | Request a copy |
|
Text
ANJANI IMANIA CITRA AFSISER_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
Abstract
Masalah belajar yang biasa disebut dengan disleksia sudah dimiliki penulis sejak kecil sehingga membuatnya mengalami distorsi visual pada saat menulis maupun membaca. Distorsi visual yang dialami ketika menulis adalah tertukarnya huruf pada setiap kata dan refleksi hurif seperti pantulan cermin, sedangkan pada saat membaca huruf-huruf saling tumpang tindih, bergerak, bercermin, berpendar, memudar hingga menghilang. Persepsi ruang yang kurang baik terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti pada saat melihat susunan anak tangga yang seolah rata, susunan batu bata yang seolah timbul dan tenggelam serta kesulitan membedakan tinggi rendahnya permukaan jalanan. Keadaan tersebut membuat penulis harus menemukan metode yang memudahkan proses belajar seperti dengan banyak mendengarkan, berdiskusi hingga membuat catatan-catatan visual seperti lukisan untuk mengingat dan atau menyimpan informasi, terlebih karena melukis adalah salah satu kegiatan yang paling digemari hingga saat ini. Sebagai seorang pelukis yang mengalami disleksia, penulis mendapatkan keuntungan dalam memvisualkan distorsi yang dialami melalui lukisan. Membuat karya abstrak menjadi perantara yang relevan dengan pengalaman visual tersebut. Karya abstrak ditempuh dengan menggunakan berbagai macam teknik untuk mendapatkan efek seperti ketidakteraturan, refleksi, tumpang tindih, memudar dan lain-lain. Untuk memperkuat penyajian keseluruhan karya, penulis memanfaatkan teknologi realitas berimbuh atau lebih dikenal sebagai AR (Augmented Reality) yang semakin membantu penikmat mendapatkan beberapa sensasi visual yang dialami penulis dengan menggunakan aplikasi Artivive yang dapat diunduh melalui ponsel pintar Kata Kunci: Disleksia, Distorsi Visual, Lukisan Abstrak, Realitas Berimbuh
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Disleksia, Distorsi Visual, Lukisan Abstrak, Realitas Berimbuh | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Anjani Imania Citra Afsiser | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2021 03:21 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 03:21 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8900 |
Actions (login required)
View Item |