Minan Ahmad Zein, Fahrizal (2021) Implementasi Pengembangan Maqam Hijaz Dalam Instrumen Gitar Bass Pada Lagu “BLAST” Karya Marcus Miller. Skripsi thesis, ISI YOGYAKARTA.
Text
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_BAB V.pdf Download (909kB) |
|
Text
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_JURNAL.pdf Download (2MB) |
|
Video (Video Trailer Recital TA, Fullnya ada dibagian link Youtube yang tertera pada "Official URL" dibawah)
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (48MB) | Request a copy |
|
Text
FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Image (Youtube Tumbnail & Fullnya ada dibagian link Youtube yang tertera pada "Official URL" dibawah)
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan melodi menggunakan maqam hijaz. Umumnya musisi menggunakan tangga nada pentatonik, tangga nada mayor minor diatois, dan tujuh modus untuk membuat sebuah komposisi lagu maupun eksplorasi tangga nada tertentu dengan berimprovisasi. Sedangkan maqam hijaz masih jarang digunakan. Oleh karena itu, penulis meneliti dan menerapkan bagaimana memainkan komposisi lagu dengan menggunakan maqam hijaz, dalam instrument bass guitar pada lagu blast dari keseluruhan bentuk lagu dari intro, chorus, prechorus, dan solo session dalam salah satu karya dari Marcus Miller. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan konsep maqam hijaz. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut: konsep dari materi maqamat arab ini secara umum mudah dipahami dan dapat meningkatkan kreativitas yang mengarah pada harmonisasi penerapan pada akor-akor tertentu. Karena materi diberikan secara sistematis, berawal dari pemahaman paling dasar yang digabungkan dengan pengembangan serta persamaan tangga nada sehingga menimbulkan nuansa yang lebih kaya dan bervariatif. Sebagai gambaran dari tangga nada hijaz kemudian menaikkan satu nada (Sa) menjadi (Si) kemudian menjadi hijaz kard, selain konsep terebut maqam hijaz dan juga hijaz kard juga memiliki persamaan dengan tangga nada minor harmonis dan minor zigana. Namun, untuk mengaplikasikan maqamat tersebut tersebut memerlukan waktu untuk memahami nuansa, posisi, dan juga pola penjarian pada fretboard bass guitar, guitar electric, ataupun piano. Karena jarak posisi tangan yang sedikit berbeda tidak seperti pentatonis dan diatonis yang memiliki pola untuk mudah dilihat dan mudah dihafal. Kata kunci : Maqamat Arab, Penerapan, Analisis, Maqam Hijaz, bass.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Maqamat Arab, Penerapan, Analisis, Maqam Hijaz, bass. | ||||||
Subjects: | Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | FAHRIZAL MINAN AHMAD ZEIN | ||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2021 07:31 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2022 03:47 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8983 |
Actions (login required)
View Item |