Firanda, Erlika (2021) Sengkilik Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Musik Etnis Berjudul "Kenai Bi". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Erlika Firanda_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
||
Text
Erlika Firanda_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
Erlika Firanda_2021_BAB PENUTUP_edit.pdf Download (430kB) |
||
|
Image
Erlika Firanda_2021_surat pernyataan.JPG Download (101kB) | Preview |
|
|
Image
Erlita Firanda_2021_Surat Keterangan Jurnal.jpeg Download (213kB) | Preview |
Abstract
Komposisi Kenai Bi merupakan bentuk transformasi dari bunyi Sengkilik yang ada di Kampung Linggang Amer, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Sengkilik merupakan sebutan untuk kincir angin di daerah tersebut. Banyaknya Sengkilik yang terpasang menyebabkan adanya fenomena bunyi unik yang terdengar. Penelitian memperoleh hasil bahwa masih adanya kepercayaan masyarakat Dayak Tunjung Linggang terhadap hal yang bersifat transenden, sehingga masih banyak Sengkilik yang dipasang di kampung tersebut. Metode yang digunakan dalam proses penciptaan musik etnis ini mengacu pada teori Alma M. Hawkins, yakni : Eksplorasi, Improvisasi, dan Komposisi. Penyajian komposisi ini merupakan sebuah komposisi campuran, berupa instrumental dan vokal dengan penggabungan instrumen etnis dan barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Sengkilik, Kenai Bi | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Erlika Firanda | |||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2021 14:45 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2021 13:35 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9105 |
Actions (login required)
View Item |