Foto Iklan Sebagai Media Promosi Pada Instagram "AH Lurik"

Syaeful Huda, Achmad (2021) Foto Iklan Sebagai Media Promosi Pada Instagram "AH Lurik". Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Achmad Syaeful Huda_2021_BAB V.pdf

Download (499kB)
[img] Text
Achmad Syaeful Huda_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Achmad Syaeful Huda_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Achmad Syaeful Huda_2021_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https:/lib.isi.ac.id/

Abstract

Usaha UMKM yang bernama “AH Lurik” adalah salah satu usaha lurik di Kota Klaten yang sudah lama berdiri sejak tahun 1959, tidak hanya menjual selembaran kain namun sudah berkembang dengan beberapa varian produk busana dan aksesoris yang dibuat. Kurangnya promosi menyebabkan sedikit masyarakat terutama anak muda mengetahui produk yang ditawarkan, sehingga perlu adanya visual yang digunakan untuk membuat anak muda tertarik akan produk tersebut. Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, karena promosi dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan. Promosi bisa dilakukan dengan cara mengunggah foto atau produk melalui media online seperti Instagram. Tujuan penciptaan karya seni fotografi ini adalah untuk membuat foto iklan di media sosial Instagram sebagai media promosi bagi AH Lurik. Metode yang digunakan meliputi tahapan eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Dalam tahapan eksplorasi dilakukan pengamatan dan pencarian data, sedangkan tahap improvisasi adalah menyusun ulang data, membentuk sketsa, dan melakukan percobaan-percobaan seperti tata cahaya, pemilihan warna, dan objek, kemudian pada tahap pembentukan karya dilakukan perwujudan sketsa ke dalam bentuk foto. Bentuk dasar penciptaan karya berupa varian produk yang dijual atau diproduksi oleh “AH Lurik”, kemudian diaplikasikan ke dalam platform media sosial Instagram. Dengan demikian, hasil karya penciptaan fotografi komersial ini bisa menarik lebih banyak perhatian konsumen terutama anak muda untuk membeli dan melestarikan budaya lurik yang ada di Indonesia. Kata kunci : foto iklan, media promosi, Instagram, AH Lurik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Syaeful Huda, Achmadnim1410058131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorFajar Apriyanto, Muhammadnidn0029047608
ContributorArsita, Adyanidn0002057808
Department: KODEPRODU91271#FOTOGRAFI
Uncontrolled Keywords: foto iklan, media promosi, Instagram, AH Lurik
Subjects: Fotografi
Fotografi > fotografi komersial
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: Achmad Syaeful Huda
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:18
Last Modified: 23 Aug 2021 04:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9135

Actions (login required)

View Item View Item