Variabilitas Saih Gamelan Bali Sebagai Material Pengembangan Ombak Dalam Penciptaan Karya Musik

Janardhana, Yan Priya Kumara (2021) Variabilitas Saih Gamelan Bali Sebagai Material Pengembangan Ombak Dalam Penciptaan Karya Musik. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_KETERANGAN BAB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Audio
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_LAMPIRAN KARYA MUSIK.mp3
Restricted to Repository staff only

Download (39MB) | Request a copy
[img] Text
Yan Priya Kumara Janardhana_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Bali memiliki kurang lebih 40 ansambel gamelan dengan saih/tuning system yang sangat beragam. Variabilitas (baca: keberagaman) disebabkan karena setiap pande gamelan memiliki aturan tersendiri dalam proses menciptakan gamelan, permintaan pemesan gamelan yang berbeda-beda, dan bahan perunggu memiliki stabilitas yang rendah dalam mempertahankan frekuensinya. Selain variabilitas saih, gamelan Bali juga memiliki sistem bunyi yang disebut dengan ombak, disebabkan dari pertemuan antara nada pengumbang dan pengisep. Secara konvensional, satu ansambel gamelan Bali menggunakan satu hingga dua jenis ombak. Sehingga fenomena ini memberikan celah kepada penulis untuk mengembangkan ombak dalam satu keutuhan karya. Tujuan penelitian penciptaan ini adalah untuk mengetahui apa saja saih gamelan Bali yang dapat dijadikan material pengembangan ombak dan mengetahui bagaimana variabilitas saih pada gamelan Bali dapat dijadikan material pengembangan ombak dalam penciptaan karya musik berdasarkan teori interferensi bunyi yang terdapat dalam ilmu fisika bunyi. Penulis menggunakan metode wawancara dan metode kuantitatif untuk mengumpulkan data dan Practice-Led Research dalam proses penciptaan karya dengan tiga komponen utama: pengumpulan data, eksperimen, dan evaluasi. Komponen-komponen ini digunakan relatif bersamaan dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses penelitian. Hasil penelitian adalah gambaran mengenai pemanfaatan variabilitas saih gamelan Bali sebagai material pengembangan ombak dalam penciptaan karya musik. Keluarannya berupa karya musik untuk gamelan berjudul “Monk” yang menggunakan perwakilan instrumen dari saih ageng, saih madya, dan saih alit. Kata Kunci : Variabilitas, Saih, Ombak, gamelan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Janardhana, Yan Priya Kumaranim1721044411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDArsana, I Nyoman Caunidn0007117104
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: Variabilitas, Saih, Ombak, gamelan.
Subjects: Karawitan
Penciptaan dan pengkajian seni
Seni Musik
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Yan Priya Kumara Janardhana
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:04
Last Modified: 24 Aug 2021 03:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item