Yulianita, Dewi (2021) Dikie Pauh Dalam Acara Baralek Di Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Dewi Yulianita_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Dewi Yulianita_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dewi Yulianita_2021_BAB IV.pdf Download (975kB) |
|
Text
Dewi Yulianita_2021_NASKAH PUBLIKSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dewi Yulianita_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (280kB) |
|
Video
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Dikie Pauh adalah sastra lisan Minangkabau yang merupakan kesenian yang berisikan tentang, dzikir, sholawat, serta hikayat yang menceritakan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam bentuk sajian seni vokal dengan irama yang khas, namun dengan seiring perkembangan zaman, kesenian ini mulai sedikit peminat. Sebagian kesenian terus berlanjut mengadaptasi diri dengan kekinian masyarakatnya, begitupun kesenian Dikie Pauh ini. Mulanya Dikie Pauh ini ditampilkan hanya saat perayaan Maulid Nabi saja dan disebut dengan Dikie Maulud, namun seiring perkembangannya, kesenian ini dapat ditampilkan dalam acara keagamaan dan acara adat lainnya, seperti acara Baralek. Dalam hal ini, tentu terdapat perbedaan antara penyajian Dikie Pauh yang ditampilkan saat perayaan Maulid Nabi dengan penyajian Dikie Pauh dalam acara Baralek. Penyajian kesenian Dikie Pauh ini masih bertahan sebagaimana bentuk aslinya yang mana terdiri dari penyediaan Junjuang Banih, pembakaran kumayan, dilanjut dengan penyampaian kata sambutan, pembacaan surah Al-Fatihah, Shalawat, Salapal Anam, Hikayat, Bazanji, dan ditutup dengan doa. Dalam penyajiannya kesenian Dikie Pauh ini tidak memiliki siklus melodi yang tetap ataupun birama yang terikat, tetapi memiliki melodi pokok dalam penyajiannya. Penelitian kualitatif ini, meneliti terkait bagaimana bentuk penyajian Dikie Pauh dalam acara Baralek, serta membahas mengenai fungsi Dikie Pauh dalam acara Baralek. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melalui pendekatan etnomusikologis, melalui observasi, studi pustaka, serta wawancara, dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dikie Pauh, Baralek, Bentuk Penyajian, Fungsi | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Dewi Yulianita | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2021 01:39 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2021 01:39 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9471 |
Actions (login required)
View Item |