Perancangan Komik Instagram tentang Perilaku Sosial Masyarakat di Masa Covid-19

Widamar Fathoni, Gilang (2021) Perancangan Komik Instagram tentang Perilaku Sosial Masyarakat di Masa Covid-19. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Gilang Widamar Fathoni_2021_LAMPIRAN.rar
Restricted to Repository staff only

Download (64MB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id

Abstract

Pandemi COVID-19 banyak merubah banyak hal, beberapa masyarakat mulai melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol dan menjaga kesehatan. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat dapat menyikapi keadaan dengan baik. Namun sebagian masyarakat ada yang belum paham akan protokol dan cara beradaptasi kebiasaan baru. Banyak perilaku sosial masyarakat yang terjadi, mulai dari perilaku baik, perilaku konyol, hingga prilaku yang kurang baik. Perilaku ini muncul karena adanya faktor-faktor yang menyebabkannya, antara lain: faktor kesehatan, faktor ekonomi, faktor lingkungan, dan faktor sosial itu sendiri. Dari beberapa faktor ini akan diwakili dengan tujuh cerita kejadian yang diangkat. Tugas akhir ini memilih cerita bergambar sebagai cara dalam menyampaikan pesan. Dalam perancangan ini cerita didapatkan melalui melihat berita, melihat kejadian secara langsung dan mendengar cerita dari pelaku terdampak COVID-19. Cerita-cerita tersebut bersumber dari berbagai pengalaman seseorang, sehingga membuat komik tampak asli dan beragam. Harapannya, komik Instagram ini dapat memperliatkan penerapan protokol dan cara masyarakat beradaptasi dengan keadaan pandemi COVID-19. Komik Instagram ini menerapkan visual gambar kartun dengan garis tidak rapi dan menggunakan warna yang cenderung cerah untuk memberi kesan segar dan semangat. Sisi verbal, yaitu bahasa, menggunakan bahasa pergaulan di Daerah Istimewa Yogyakarta (Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia yang dicampur). Perancangan komik Instagram ini bermaksud memberi pemahaman tentang perilaku baru ketika masa pandemi COVID-19. Pemahaman ini menjadi sarana informasi pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol. Dengan mengunakan media komik Instagram mengenai perilaku sosial masyarakat di masa pandemi COVID-19, nantinya target audience dapat lebih mengerti tentang protokol dan dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru pada normal baru. Kata Kunci: Perilaku Sosial, Pandemi, COVID-19, Protokol, Adaptasi, Komik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Widamar Fathoni, Gilangnim1412306024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHadi, Umarnidn0024085801
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
Department: KODEPRODI90241#DKV
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial, Pandemi, COVID-19, Protokol, Adaptasi, Komik.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: GILANG WIDAMAR FATHONI
Date Deposited: 24 Aug 2021 06:26
Last Modified: 24 Aug 2021 06:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item