Karakteristik Visual Interior Restoran Yang Instagramable Di Kota Yogyakarta Studi Kasus Kalluna, The Canopy, dan Tujuan

Triana, Farny (2020) Karakteristik Visual Interior Restoran Yang Instagramable Di Kota Yogyakarta Studi Kasus Kalluna, The Canopy, dan Tujuan. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (145kB)

Abstract

Kata instagramable banyak didengar di era digital ini. Munculnya tempat instagramable menandakan perancangan ruang interior kini menjadi kebutuhan dari pengguna media sosial Instagram di dunia nyata. Salah satu ruang publik yang banyak menggunakan konsep ini ialah restoran. Yogyakarta yang merupakan kota pelajar dan rumah dari sasaran konsumen utama bisnis restoran ini, anak muda dan orang dewasa muda. Menjadikan perkembangan restoran dikota ini semakin pesat. Desain interior restoran di Yogyakarta yang sangat beragam menimbulkan pertanyaan, karakter visual seperti apakah yang dimaksud dengan interior restoran/kafe yang instagramable di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus restoran instagramable Kalluna, Tujuan, dan The Canopy, dengan terlebih dahulu mencari karakter visual apa yang dimiliki dari ketiga restoran instagramable tersebut. Dari data yang dihasilkan dapat disimpulkan bahwa restoran yang dianggap instagramable di Yogyakarta yaitu restoran yang: tematik, memiliki elemen dekoratif unik, memiliki area outdoor, dan berpencahayaan lembut yang tersaring. Keempat karakter visual ini berhubungan langsung untuk mendukung kegiatan berfoto pengunjung, karena Instagram merupakan platform untuk berbagi dengan format visual. Karakter visual restoran tematik dan unik menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto. Sementara area outdoor berpencahayaan alami dan pencahayaan indoor lembut yang dimiliki restoran mempermudah pengunjung untuk mengambil foto yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Triana, FarnyFarny
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSholahuddin, Sholahuddinnidn0019107005
Department: ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Restoran, Instagramable, Karakter Visual
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:59
Last Modified: 27 Aug 2021 04:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item