Pembuatan Game Edukasi "Edu-Braille" Untuk Anak-anak Penyandang Tunanetra

Octanto, Argi (2021) Pembuatan Game Edukasi "Edu-Braille" Untuk Anak-anak Penyandang Tunanetra. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Argi Octanto_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Argi Octanto_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Argi Octanto_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (470kB)
[img] Text
Argi Octanto_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Other (Game)
Argi Octanto_2021_LAMPIRAN.apk
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran, tidak jarang murid-murid mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan di sekolah. Hal itu disebabkan karena mereka belum bisa konsentrasi dalam belajarnya. Dari sudut pandang guru, mereka belum bisa menemukan metode yang tepat supaya murid-muridnya dapat memahami apa yang guru sampaikan. Apalagi bagi mereka yang merupakan anakanak penyandang tunanetra, karena cara belajarnya berbeda. Mereka belajar dengan huruf braille yang ditulis dengan alat riglet dan stilus dan dibaca dengan cara diraba. Dengan huruf braille tersebut mereka dapat mengenali sesuatu. Cara membuat pembelajaran lebih seru dan menyenangkan untuk anak-anak terutama bagi anak-anak penyandang tunanetra adalah dengan memberikan game edukasi bergenre casual. Materi game edukasi yang cocok untuk anak-anak penyandang tunanetra adalah pengenalan huruf, angka, berhitung, dan hewanhewan dengan sistem bermain yang mirip dengan menulis huruf braille ditambah dengan adanya score, suara, dan getar supaya lebih seru dan mudah untuk mereka memahaminya. Dengan diberikannya game edukasi untuk anak-anak penyandang tunanetra, mereka akan lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah. Untuk para pendidik atau orang tua hanya perlu mendampinginya ketika mereka mengalami kesulitan. Tentu saja hal ini sangat membantu sekali untuk menciptakan sistem pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Octanto, Arginim1800225033
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGunanto, Samuel Gandangnidn0016108001
ContributorPatrio, Andri Nurnidn0029057506
Department: KODEPRODI90446#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, game edukasi, huruf braille, anak-anak tunanetra
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: Argi Octanto
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:03
Last Modified: 06 Sep 2021 05:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item