Rachma Kesuma, Leonnyta (2013) Penerapan Tema Pasar Cina Peranakan Pada Interior Eat And Eat FoodMarket Di Mall Kelapa Gading Jakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kedatangan orang Tionghoa di Indonesia sudah tercatat sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Mereka yang datang umumnya adalah lelaki tanpa membawa keluarganya dari Cina. Mereka pun menikahi perempuan lokal untuk dijadikan istri. Anak-anak hasil pernikahan silang ini yang disebut dengan golongan Peranakan. Akulturasi budaya yang terjadi membuat kaum Peranakan memiliki kebudayaan yang unik. Keunikan budaya Peranakan juga banyak diaplikasikan dalam bidang interior, salah satunya Eat and Eat Food Market. Berbedadengan kebanyakan food court yang mengangkat nuansa modern, Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta mengangkat nuansa pasar cina peranakan ke dalam interiornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen dari tema Pasar Cina Peranakan pada interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta dan bentuk penerapannya, dilihat dari segi bentuk, bahan, warna, dan ragam hias. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik purposive sample berdasarkan banyak sedikitnya penerapan tema tersebut pada ruang. Ruang tersebut adalah ruang kasir, ruang konter, ruang makan, dan kamar kongkow. Kesimpulan elemen yang diterapkan ke dalam interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa, Gading Jakarta yaitu bentuknya menyerupai bentuk-bentuk yang digunakan pada rumah Cina Peranakan, mulai bentuk fasad rumah hingga aksesoris interiornya. Bahannya didominasi oleh unsur kayu. Warna merah dan coklat tua menjadi warna dominan. Ragam hias yang Kedatangan orang Tionghoa di Indonesia sudah tercatat sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Mereka yang datang umumnya adalah lelaki tanpa membawa keluarganya dari Cina. Mereka pun menikahi perempuan lokal untuk dijadikan istri. Anak-anak hasil pernikahan silang ini yang disebut dengan golongan Peranakan. Akulturasi budaya yang terjadi membuat kaum Peranakan memiliki kebudayaan yang unik. Keunikan budaya Peranakan juga banyak diaplikasikan dalam bidang interior, salah satunya Eat and Eat Food Market. Berbedadengan kebanyakan food court yang mengangkat nuansa modern, Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta mengangkat nuansa pasar cina peranakan ke dalam interiornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen dari tema Pasar Cina Peranakan pada interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta dan bentuk penerapannya, dilihat dari segi bentuk, bahan, warna, dan ragam hias. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik purposive sample berdasarkan banyak sedikitnya penerapan tema tersebut pada ruang. Ruang tersebut adalah ruang kasir, ruang konter, ruang makan, dan kamar kongkow. Kesimpulan elemen yang diterapkan ke dalam interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa, Gading Jakarta yaitu bentuknya menyerupai bentuk-bentuk yang digunakan pada rumah Cina Peranakan, mulai bentuk fasad rumah hingga aksesoris interiornya. Bahannya didominasi oleh unsur kayu. Warna merah dan coklat tua menjadi warna dominan. Ragam hias yang Kedatangan orang Tionghoa di Indonesia sudah tercatat sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Mereka yang datang umumnya adalah lelaki tanpa membawa keluarganya dari Cina. Mereka pun menikahi perempuan lokal untuk dijadikan istri. Anak-anak hasil pernikahan silang ini yang disebut dengan golongan Peranakan. Akulturasi budaya yang terjadi membuat kaum Peranakan memiliki kebudayaan yang unik. Keunikan budaya Peranakan juga banyak diaplikasikan dalam bidang interior, salah satunya Eat and Eat Food Market. Berbedadengan kebanyakan food court yang mengangkat nuansa modern, Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta mengangkat nuansa pasar cina peranakan ke dalam interiornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen dari tema Pasar Cina Peranakan pada interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa Gading Jakarta dan bentuk penerapannya, dilihat dari segi bentuk, bahan, warna, dan ragam hias. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik purposive sample berdasarkan banyak sedikitnya penerapan tema tersebut pada ruang. Ruang tersebut adalah ruang kasir, ruang konter, ruang makan, dan kamar kongkow. Kesimpulan elemen yang diterapkan ke dalam interior Eat and Eat Food Market di Mall Kelapa, Gading Jakarta yaitu bentuknya menyerupai bentuk-bentuk yang digunakan pada rumah Cina Peranakan, mulai bentuk fasad rumah hingga aksesoris interiornya. Bahannya didominasi oleh unsur kayu. Warna merah dan coklat tua menjadi warna dominan. Ragam hias yang digunakan yaitu naga, ikan mas, laba-laba, teratai, sakura, poeny, jeruk, kapal, tulisan Cina, simbol pat kwa dan yin yang. Penerapannya dalam interior dengan menggabungkan dua unsur berbeda seperti pola pemasangan lantai dan warna atau penambahan/pengurangan unsur yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tema, Pasar Cina Peranakan, Interior, Eat and Eat Food Market, Mall Kelapa Gading Jakarta | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2021 08:48 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2021 08:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9699 |
Actions (login required)
View Item |