Wanita Sebagai Objek Dalam Karya Seni Fotografi Indonesia Studi Kasus dalam Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta

Wulandari, Arti and Diyah Ardiningsih, Ayu (2020) Wanita Sebagai Objek Dalam Karya Seni Fotografi Indonesia Studi Kasus dalam Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta. Institut Seni Indoensia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI Kesimpulan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Full Teks_Arti Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (376kB)

Abstract

Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan seni di bidang fotografi, yang didirikan pada tahun 1993 mulai meluluskan sarjana pada tahun 1998. Hingga saat ini Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta telah meluluskan sejumlah sarjana seni fotografi. Di antara beragamnya tema yang mengangkat persoalan kehidupan yang ditampilkan dalam karya seni fotografi, salah satu yang menarik adalah tentang wanita. Penelitian ini akan mengkaji wanita sebagai objek dalam karya seni fotografi (studi kasus dalam Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta). Metode yang akan dilakukan adalah pengumpulan data, pengklasifikasian data, dan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif dilakukan untuk menghitung jumlah tugas akhir dengan tema wanita serta dinamika kehidupan mereka, sedangkan secara kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan apa saja seluk-beluk di dalamnya, menyangkut ide dan teknik penciptaannya. Setelah data diperoleh dari digilib.isi.ac.id dan Perpustakaan Program Studi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta dan diklasifikasikan menurut bidang ekspresi, jurnalistik, dan komersial hasilnya diperoleh 64 judul Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta yang berobjek wanita atau perempuan. Rincian untuk ketiga bidang itu adalah 18 bidang ekspresi, 13 bidang jurnalistik, dan 33 bidang komersial. Berdasarkan temuan dan deskripsi awal tersebut dapat dikaji aspek estetika yang meliputi aspek ideasional dan aspek teknikal karya seni fotografi.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wulandari, Artinip19751130200122001
Diyah Ardiningsih, Ayunim1810863031
Uncontrolled Keywords: Fotografi, Wanita, Tugas Akhir
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:01
Last Modified: 18 Feb 2022 02:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item