Penggunaan Sudut Pandang Tokoh Utama Untuk Merepresentasikan Teori 5 Stages Of Grief Kubler Ross Dalam Penulisan Skenario Film “Senandika Lara”

Nusi Wiandri, Sisca (2022) Penggunaan Sudut Pandang Tokoh Utama Untuk Merepresentasikan Teori 5 Stages Of Grief Kubler Ross Dalam Penulisan Skenario Film “Senandika Lara”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_BAB VI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_JURNAL.pdf

Download (760kB)
[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SISCA NUSI WIANDRI_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pemilihan sudut pandang memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana sebuah cerita dituturkan dan efeknya pada perasaaan penonton. Sudut pandang tokoh utama membatasi penonton untuk mengetahui dan mengikuti cerita berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat, didengar, dan dialami oleh tokoh utama. Penulisan skenario film fiksi “Senandika Lara” dengan durasi 90 menit ini menceritakan perjalanan berduka seorang anak perempuan yang kehilangan ayahnya karena Covid-19. Kubler Ross dalam teori 5 Stages of Grief merumuskan 5 tahapan yang dilalui manusia dalam fase berduka, yakni denial, anger, bargaining, depression, hingga dapat mencapai acceptance. Hubungan yang sangat dekat diantara tokoh utama dan ayahnya sejak sang ibu meninggalkan mereka membuat tahap acceptance menjadi sulit untuk dicapai. Watak tokoh utama, kedekatannya dengan sang ayah, serta trauma yang dimiliki tokoh utama juga tergambarkan melalui sudut pandang tokoh utama. Batasan-batasan sudut pandang tokoh utama diwujudkan melalui aksi, dialog, voice over, hingga kilas balik sebagai memori masa lalu dari tokoh utama, untuk membawa penonton masuk ke dunia tokoh utama dan membangun empati pada tokoh utama. Cerita pada skenario “Senandika Lara” dituturkan menggunakan sudut pandang tokoh utama “aku” untuk membawa penonton pada pengalaman spiritual yang personal atas perjalanan duka tokoh utama anak perempuan yang dijabarkan sesuai dengan tiap tahapan pada teori 5 Stages of Grief.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nusi Wiandri, Siscanim1610139132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMustikawati, Retnonidn0011107704
ContributorMulyaningsih, Endangnidn0009026906
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Sudut Pandang, 5 Stages of Grief, Skenario
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Sisca Nusi Wiandri
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:08
Last Modified: 21 Feb 2022 07:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item