Implementasi Social Network Learning Berbasis Edmodo sebagai Alternatif Pertemuan Kelas pada Situasi Pandemik Covid-19 di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

Nendra Pratama, Ujang and Destari Kumala Dewi, Galuh (2020) Implementasi Social Network Learning Berbasis Edmodo sebagai Alternatif Pertemuan Kelas pada Situasi Pandemik Covid-19 di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Technical Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks_Ujang Nendra Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_Ujang Nendra Pratama.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB VI_Ujang Nendra Pratama.pdf

Download (378kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pandemik Covid-19 membawa dampak yang sangat besar bagi seluruh aktivitas kehidupan manusia akhir-akhir ini, tak terkecuali di bidang pendidikan tinggi. Berdasarkan persoalan yang timbul akibat datangnya virus Corona yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan luas, maka komunitas belajar pun sampai harus dibatasi. Masing-masing dari satuan pendidikan telah mengeluarkan surat edaran resmi dalam rangka memberikan alternatif pelaksanaan pembelajaran pertemuan kelas dengan pembelajaran daring. Berbagai macam online tools telah dijadikan media baru oleh para pendidik di lingkungan ISI Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan belajar para mahasiswa. Salah satu platform pembelajaran online yang cukup popular di dunia adalah Edmodo. Beberapa fitur dalam aplikasi tersebut dapat menyediakan berbagai perangkat pengajaran, seperti sharing materi berbagai format, presensi digital, penugasan, kuis formatif, hingga arsip skor untuk bahan penilaian. Aplikasi Edmodo dapat digunakan melalui platform Android maupun web browser sehingga dapat memudahkan fleksibilitas ruang dan waktu. Aplikasi telah dimanfaatkan oleh peneliti guna mendukung pembelajaran di tengah penuh keterbatasan dewasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kelas online berbasis edmodo, dengan cara melakukan survei respon pengguna yaitu para mahasiswa. Kuesioner diberikan pada seluruh mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dari tiga angkatan, yaitu berjumlah 125. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif berupa tabulasi dan visualisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas online sebagai alternatif pertemuan kelas dinyatakan baik oleh para mahasiswa. Preferensi pilihan responden baik secara frekuensi pilihan maupun rerata skor pada setiap aspek indikator penilaian menunjukkan level High. Hasil menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara responden laki-laki dan perempuan. Data hasil penelitian ini lebih lanjut dapat dimanfaatkan sebagai kajian produktif untuk penerapan pembelajaran jarak jauh di bidang Pendidikan Seni Pertunjukan. Luaran yang dihasilkan berupa publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah yang telah tercapai adalah artikel prosiding penelitian internasional bereputasi dan Jurnal nasional terakreditasi. Kata_kunci_1: covid-19, pembelajaran seni, edmodo, pembelajaran daring

Item Type: Monograph (Technical Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nendra Pratama, Ujangnip199102082019031009
Destari Kumala Dewi, Galuhnim1610111017
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: covid-19, pembelajaran seni, edmodo, pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 27 Mar 2022 15:11
Last Modified: 27 Mar 2022 15:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item