Penggunaan Metode Dalcroze Pada Anak Intelektual Superior

Roida Hais, Rize (2010) Penggunaan Metode Dalcroze Pada Anak Intelektual Superior. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Metode Dalcroze yang terkunal dengan nama Eurhytmic yang berasal dari bahasa yununi eu dan rhumos yang berarti good flow atau gerakan yang indah. Gerakan yang terorganisir secara tepat akan menjadi suatu cara pengungkapan yang tepat dalam belajar musik. Gerakan itu akan menjadi elemen utama untuk belajar ritme, dan ritme dapat ditemukan di seluruh tubuh, ritme merupakari elemen utama untuk semun musik. Dalam proses berlatihnya gerakan itu dinamakan geraka musikal. Intelektual superior adalah kategori anak sangat cerdas, berdasarkan hasil dari tes 1Q dengan menggunakan tes CPM (Coloured Progressive Matrices) salah satu ciri dari anak terkategori tersebut adulah memiliki keaktifan gerak yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode Dalcroze untuk meningkatkan konsentrasi dan minat dalam belajar musik untuk: anak intelektual superior dan bagaimana efektifitas metode Duleroze untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok untuk anak intelektual superior. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuulitutif dengan pendekatan studi kasus, dan dilakukan pengolahan data secara deskriptif. Gerakan musikal ini adalah suatu bentuk permainan musikal yang berupa proses pembelujuran musik menggunakan gerak dan hernyanyi Permainar ini sangat mudab dan bisa ditcrapkan di mana saja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gerakan musikal efektif digunakan dalam meningkutkan kemempuan membaca notasi balok, minar dan konsentrasi belajar anak intelektual superior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Roida Hais, Rizenim0401929013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDBudi Santosa, Y.C.nidn
UNSPECIFIEDRokhani, Umilianidn
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Dalcroze, Eurkymies dan Bernyanyi.
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 30 May 2022 06:39
Last Modified: 30 May 2022 07:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11478

Actions (login required)

View Item View Item