A Thirteen-Week Performance Practice Routine Sebagai Strategi Menghafal Score Musik Pada Pembelajaran Piano

Aurelia, Josephine (2022) A Thirteen-Week Performance Practice Routine Sebagai Strategi Menghafal Score Musik Pada Pembelajaran Piano. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (320kB)
[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (958kB)
[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Karya tulis ini dimaksudkan untuk meneliti proses dan hasil dari penerapan strategi a thirteen-week performance practice routine untuk menghafal score musik pada pembelajaran piano. Strategi ini merupakan strategi latihan untuk mahasiswa piano yang diadaptasi oleh Jierong Wang dari tiga strategi yang sudah ada sebelumnya yaitu strategi dari Aaron Copland dalam What to Listen for in Music, strategi dari Anders Ericsson dalam PEAK: Secrets from the New Science of Expertise dan kursus daring Dr. Noa Kageyama. Karya tulis ini akan menjelaskan pengaruh dari penerapan strategi a thirteen-week performance practice routine terhadap kemampuan menghafal mahasiswa piano klasik. Menghafal merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran piano. Hal ini karena kemampuan menghafal yang baik membantu pianis untuk bisa memainkan musik dengan kebebasan mutlak dan penting dalam membangun hubungan psikologis dengan pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Subjek penelitian adalah dua orang mahasiswa piano Program Studi S-1 Pendidikan Musik bernama Benediktus Daryn Bagus Lamandau dan Sheehan Agatha Putri Rianto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi a thirteen-week performance practice routine dapat membantu menghafal score musik terutama dalam pembelajaran piano.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aurelia, Josephinenim18101460132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNainggolan, Oriananidn0025058303
ContributorIsmudiati, Endangnidn0022016101
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Menghafal; score musik; piano; a thirteen-week performance practice routine
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Josephine Aurelia
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:09
Last Modified: 08 Aug 2022 03:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item