Aurelia, Josephine (2022) A Thirteen-Week Performance Practice Routine Sebagai Strategi Menghafal Score Musik Pada Pembelajaran Piano. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (320kB) |
|
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (958kB) |
|
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
JOSEPHINE AURELIA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) | Request a copy |
Abstract
Karya tulis ini dimaksudkan untuk meneliti proses dan hasil dari penerapan strategi a thirteen-week performance practice routine untuk menghafal score musik pada pembelajaran piano. Strategi ini merupakan strategi latihan untuk mahasiswa piano yang diadaptasi oleh Jierong Wang dari tiga strategi yang sudah ada sebelumnya yaitu strategi dari Aaron Copland dalam What to Listen for in Music, strategi dari Anders Ericsson dalam PEAK: Secrets from the New Science of Expertise dan kursus daring Dr. Noa Kageyama. Karya tulis ini akan menjelaskan pengaruh dari penerapan strategi a thirteen-week performance practice routine terhadap kemampuan menghafal mahasiswa piano klasik. Menghafal merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran piano. Hal ini karena kemampuan menghafal yang baik membantu pianis untuk bisa memainkan musik dengan kebebasan mutlak dan penting dalam membangun hubungan psikologis dengan pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Subjek penelitian adalah dua orang mahasiswa piano Program Studi S-1 Pendidikan Musik bernama Benediktus Daryn Bagus Lamandau dan Sheehan Agatha Putri Rianto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi a thirteen-week performance practice routine dapat membantu menghafal score musik terutama dalam pembelajaran piano.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Menghafal; score musik; piano; a thirteen-week performance practice routine | |||||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Josephine Aurelia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 03:09 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 03:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11757 |
Actions (login required)
View Item |