Metode Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta

Ummuliah, Rabiatul (2022) Metode Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Rabiatul Ummuliah_2022_Skripsi FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Rabiatul Ummuliah_2022_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rabiatul Ummuliah_2022_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rabiatul Ummuliah_2022_Naskah Publikasi.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Rabiatul Ummuliah_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan metode pembelajaran holistik yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru Seni Budaya di SMP Negeri 11 Yogyakarta menggunakan metode CTL dalam penyampaian materi seni tari kelas VII dengan materi ruang, waktu, dan tenaga menjadikan pembelajaran lebih mudah dimengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Metode Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan subjek penelitian guru seni budaya dan siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari pada kelas VII A di SMP Negeri 11 Yogyakarta diterapkan dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning dan tahapan pembelajarannya sesuai dengan komponen-komponen CTL, Penggunaan CTL mampu membuat siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ummuliah, Rabiatulnim1810177017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorProbosini, Agustina Ratrinidn0014086417
ContributorPratama, Ujang Nendranidn0508029101
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Tari.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Rabiatul Ummuliah
Date Deposited: 23 Aug 2022 00:39
Last Modified: 23 Aug 2022 00:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item