Pembelajaran Tari Secara Daring Pada Rombongan Belajar (Rombel) A di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta

Ariani, Ike Devi (2022) Pembelajaran Tari Secara Daring Pada Rombongan Belajar (Rombel) A di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ike Devi Ariani_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Ike Devi Ariani_2022_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ike Devi Ariani_2022_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ike Devi Ariani_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Ike Devi Ariani_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Wabah penyebaran COVID-19 yang melanda Indonesia berdampak pada dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajarannya. Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak penyebaran COVID-19, sehingga harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Hal ini membuat proses pembelajaran seni tari pada rombongan belajar (rombel) A di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari secara daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, objek dalam penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran seni tari secara daring di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Subjek penelitian ini ialah kepala bidang penelitian dan pengembangan sekolah, pendidik seni budaya khususnya seni tari, orang tua peserta didik Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta, dan pihak yang terkait dalam penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan antara teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari secara daring di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode imitasi. Terdapat pula strategi pembelajaran yang ditemukan dalam pembelajaran tari secara daring yaitu strategi pembelajaran klasikal dan strategi pembelajaran individual. Metode dan strategi tersebut digunakan sesuai dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ariani, Ike Devinim1810200017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
ContributorSimamora, Roy Martinnidn0024109007
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tari, pembelajaran secara daring, Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ike Devi Ariani
Date Deposited: 26 Aug 2022 00:30
Last Modified: 26 Aug 2022 04:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item