Fonda Brevi, Dio (2022) Implementasi Metode Euritmika Dalcroze Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Pada Paduan Suara Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Dio Brevi Fonda_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Dio Brevi Fonda_2022_BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dio Brevi Fonda_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (419kB) |
|
Text
Dio Brevi Fonda_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (609kB) |
|
Text
Dio Brevi Fonda_2022_PERMYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf Download (84kB) |
Abstract
Banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi pada paduan suara, hal ini disebabkan karena kurangnya variatif metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode Euritmika Dalcroze apakah dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi pada ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, terdapat empat kali pertemuan setiap siklus. Dengan pendekatan penelitian mix methods, merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif yaitu dengan jenis eksploratoris sekuensial. Obyek penelitian ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner/angket, tes keterampilan, studi dokumenter. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan dua teknik validasi, validasi kualitatif menggunakan triangulasi teknik dan validasi kuantitatif menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, reliabilitas. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode Euritmika Dalcroze untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi pada ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta meningkat, hal ini dapat dibuktikan melalui hasil belajar keterampilan bernyanyi paduan suara setiap siklusnya, prasiklus - siklus I : 36,67%, dan siklus I - siklus II : 83,33%. Menunjukan hasil peningkatan keterampilan bernyanyi yang cukup baik dapat dilihat dalam perbandingan antar siklus yang memiliki persentase yang tinggi dan signifikan. Hal ini membuktikan bahwa Implementasi metode Euritmika Dalcroze pada ekstrakurikuler paduan suara dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Euritmika, Dalcroze, bernyanyi, pembelajaran musik, paduan suara | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan Seni Musik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | DIO BREVI FONDA | |||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2022 08:32 | |||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2022 08:32 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12364 |
Actions (login required)
View Item |