Implementasi Metode Euritmika Dalcroze Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Pada Paduan Suara Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta

Fonda Brevi, Dio (2022) Implementasi Metode Euritmika Dalcroze Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Pada Paduan Suara Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dio Brevi Fonda_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Dio Brevi Fonda_2022_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dio Brevi Fonda_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Dio Brevi Fonda_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Dio Brevi Fonda_2022_PERMYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf

Download (84kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi pada paduan suara, hal ini disebabkan karena kurangnya variatif metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode Euritmika Dalcroze apakah dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi pada ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, terdapat empat kali pertemuan setiap siklus. Dengan pendekatan penelitian mix methods, merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif yaitu dengan jenis eksploratoris sekuensial. Obyek penelitian ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner/angket, tes keterampilan, studi dokumenter. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan dua teknik validasi, validasi kualitatif menggunakan triangulasi teknik dan validasi kuantitatif menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, reliabilitas. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode Euritmika Dalcroze untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi pada ekstrakurikuler paduan suara di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta meningkat, hal ini dapat dibuktikan melalui hasil belajar keterampilan bernyanyi paduan suara setiap siklusnya, prasiklus - siklus I : 36,67%, dan siklus I - siklus II : 83,33%. Menunjukan hasil peningkatan keterampilan bernyanyi yang cukup baik dapat dilihat dalam perbandingan antar siklus yang memiliki persentase yang tinggi dan signifikan. Hal ini membuktikan bahwa Implementasi metode Euritmika Dalcroze pada ekstrakurikuler paduan suara dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fonda Brevi, Dionim1810198017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorHeldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Euritmika, Dalcroze, bernyanyi, pembelajaran musik, paduan suara
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: DIO BREVI FONDA
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:32
Last Modified: 25 Aug 2022 08:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item View Item