Pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta di SMK N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta sebelum dan pada Masa Pandemi Covid-19

Nur wahyuni Putri, Utari (2022) Pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta di SMK N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta sebelum dan pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Utari Nur_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Utari Nur_2022_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Utari Nur_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (559kB)
[img] Text
Utari Nur_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Utari Nur_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta secara daring kurang efektif karena siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa, keterbatasan media pembelajaran seperti gamelan juga menjadi kendala dalam pembelajaran secara daring. Dalam proses pembelajaran secara daring materi pembelajaran kurang tersampaikan secara rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta di SMKN 1 Kasihan Bantul Yogyakarta sebelum dan pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Kemudian data diidentifikasi, validasi dengan triangulasi teknik, kemudian dianalisis secara mendalam selanjutnya disusun secara deskriptif sebagai laporan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pembelajaran Praktik Karawitan Yogyakarta sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 siswa dapat menerapkan bentuk, struktur, teknik, ragam motif tabuhan dan menyajikan repertoar. Adapun perbedaan pembelajaran sebelum dan pada masa pandemi meliputi 7 aspek. Aspek itu adalah media, strategi, metode, penyajian gêndhing, jumlah pertemuan, instrumen gamelan yang digunakan dan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nur wahyuni Putri, Utarinim1610104017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Karawitan, SMK N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Utari Nur Wahyuni Putri
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:43
Last Modified: 02 Sep 2022 06:43
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item