Rosanti, Vita (2022) Metode Pembelajaran Pemeranan Pada Kethoprak Lakon Telik Sandi di Komunitas Sineprak AnakMuda Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Vita Rosanti_2022_TEKS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Vita Rosanti_2022_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
Vita Rosanti_2022_BAB V (PENUTUP).pdf Download (7MB) |
|
Text
Vita Rosanti_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
|
Text
Vita Rosanti_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Kethoprak merupakan salah satu kesenian tradisional yang berkembang di Jawa salah satunya di Yogyakarta. Saat ini banyak anak muda yang kurang minat terhadap kesenian kethoprak. Untuk itu dibutuhkan wadah atau ruang agar generasi muda memiliki ketertarikan dalam berkesenian, dengan demikian dibutuhkan proses pembelajaran yang menyenangkan agar para pelaku seni muda mencintai dan memiliki rasa ingin belajar terhadap kesenian kethoprak. Saat melihat pertunjukan kethoprak, hal yang tertangkap oleh penonton selain tentang lakon ialah penokohan. Untuk menemukan penokohan yang sesuai dengan lakon maka dibutuhkan proses pembelajaran pemeranan atau keaktoran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran pemeranan di Komunitas Sineprak Anak Muda Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik validasi data yang digunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengecek sumber data dari pelatih, pembantu pelatih, dan aktor untuk mengetahui proses pembelajaran. Selanjutnya data diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeranan (keaktoran) merupakan hal penting dalam drama tradisional kethoprak utamanya di Komunitas Sineprak Anak Muda Yogyakata. Terdapat pembelajaran pemeranan dalam kethoprak lakon Telik Sandi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, drill (latihan), diskusi, dan role playing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Pemeranan, Kethoprak. | |||||||||
Subjects: | Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan) Pendidikan Seni Pertunjukan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Vita Rosanti | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2022 16:09 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2022 16:09 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12481 |
Actions (login required)
View Item |