Strategi pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta

Fautngil, Irene (2022) Strategi pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Irene FautngilL_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Irene Fautngil_2022_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Irene Fautngil_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irene Fautngil_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Irene Fautngil_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengungkap dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul. Selama masa pandemi Covid-19 kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul tetap berjalan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tujuan lainnya ekstrakurikuler tari tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19 yaitu untuk melibatkan ekstrakurikuler tari dalam lomba yang diadakan selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari, pelatih tari, dan peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari selama masa pandemi Covid-19. Objek penelitian adalah strategi pembelajaran ekstrakurikuler tari pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru, pelatih tari, dan peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari selama masa pandemi Covid-19. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dari mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19. pembelajaran ekstrakurikuler tari di masa pandemi Covid-19 menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fautngil, Irenenim1810203017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
Department: KODEPRODI1882093#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler tari, pembelajaran tari Jailangkung, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kontekstual.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: IRENE FAUTNGIL
Date Deposited: 27 Aug 2022 17:11
Last Modified: 27 Aug 2022 17:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item