Zufar Kaloka, Aushof (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam (Sulam) Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
A Zufar Kaloka - 2022 - FULLL TEKS .pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
A Zufar Kaloka - 2022 - BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
A Zufar Kaloka - 2022 - BAB V.pdf Download (837kB) |
|
Text
A Zufar Kaloka - 2022 - NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
A ZUFAR KALOKA - 2022 - PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan menjadi hal yang penting sejak awal hingga akhir hayat terlebih lagi untuk membentuk karakter yang berkualitas bagi seseorang sejak dini. Pendidikan karakter dapat diterapkan melalui mata pelajaran seni budaya baik secara formal maupun nonformal. Pada proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di Sekolah Seni Alam (SULam) Yogyakarta menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter di SULam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam Yogyakarta, Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam terdapat dua tingkat. Pada tingkat dasar terdapat tahap pengenalan instrumen perkusi, pencarian, dan pematangan kemudian pada tingkat lanjutan terdapat tahap pengenalan musik digital, analisis, membuat karya, dan siap mengajar. Dalam pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditemukan meliputi nilai-nilai pendidikan krakter kreatif, ingin tahu, tanggung jawab, mandiri, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli lingkungan. Hal ini ditujukkan untuk membentuk karakter anak selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Eksplorasi Bunyi, Pola Ritmis Perkusi, Sekolah Seni alam | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Aushof Zufar Kaloka | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 00:34 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2022 00:34 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12585 |
Actions (login required)
View Item |