Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam (Sulam) Yogyakarta

Zufar Kaloka, Aushof (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam (Sulam) Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
A Zufar Kaloka - 2022 - FULLL TEKS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
A Zufar Kaloka - 2022 - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
A Zufar Kaloka - 2022 - BAB V.pdf

Download (837kB)
[img] Text
A Zufar Kaloka - 2022 - NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
A ZUFAR KALOKA - 2022 - PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pendidikan menjadi hal yang penting sejak awal hingga akhir hayat terlebih lagi untuk membentuk karakter yang berkualitas bagi seseorang sejak dini. Pendidikan karakter dapat diterapkan melalui mata pelajaran seni budaya baik secara formal maupun nonformal. Pada proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di Sekolah Seni Alam (SULam) Yogyakarta menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter di SULam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam Yogyakarta, Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam terdapat dua tingkat. Pada tingkat dasar terdapat tahap pengenalan instrumen perkusi, pencarian, dan pematangan kemudian pada tingkat lanjutan terdapat tahap pengenalan musik digital, analisis, membuat karya, dan siap mengajar. Dalam pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditemukan meliputi nilai-nilai pendidikan krakter kreatif, ingin tahu, tanggung jawab, mandiri, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli lingkungan. Hal ini ditujukkan untuk membentuk karakter anak selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Zufar Kaloka, Aushofnim1610091017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
UNSPECIFIEDPermata Heldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Eksplorasi Bunyi, Pola Ritmis Perkusi, Sekolah Seni alam
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Aushof Zufar Kaloka
Date Deposited: 02 Sep 2022 00:34
Last Modified: 02 Sep 2022 00:34
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item