Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik sebagai Media Terapi pada Anak Autis di SKA Bina Anggita Yogyakarta

Adha Maryani Koto, Zul (2022) Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik sebagai Media Terapi pada Anak Autis di SKA Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
ZUL ADHA MARYANI KOTO_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ZUL ADHA MARYANI KOTO_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZUL ADHA MARYANI KOTO_2022_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZUL ADHA MARYANI KOTO_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
ZUL ADHA MARYANI KOTO_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Anak autis merupakan anak dengan gangguan perkembangan terhadap komunikasi, perilaku, dan interaksi sosial. Gangguan tersebut dapat diminimalisir dengan kegiatan ekstrakurikuler musik. Ekstrakurikuler musik merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat terapi dan menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki gangguan perkembangan anak autis. Guru Ekstrakurikuler dan guru pendamping menjadi orang yang berperan penting terhadap keberlangsungan terapi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran dan manfaat ekstrakurikuler musik di SKA Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru ekstrakurikuler dan guru pendamping di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Sedangkan objek penelitian adalah peserta didik autis dan proses pembelajaran ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi tringulasi sumber dan tringulasi metode. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukaan bahwa: 1) Metode yang digunakan dalam ekstrakurikuler musik pada anak autis di SKA Bina Anggita Yogyakarta terdiri dari 3 metode yaitu metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode drill, 2) Manfaat dari pembelajaran ekstrakurikuler musi yaitu pada beberapa anak terjadi perkembangan terhadap konsentrasi, emosional, kemampuam berkomunikasi, kepercayaan diri, dan motorik. Kata kunci: ekstrakurikuler musik, terapi musik, autisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adha Maryani Koto, Zulnim1810195017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorPermata Heldisari, Hananidn00290590003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: autisme, musik, terapi, ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Zul Adha Maryani Koto
Date Deposited: 09 Sep 2022 00:44
Last Modified: 09 Sep 2022 00:44
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12676

Actions (login required)

View Item View Item