Rosa Pristianti, Atika (2022) Penerapan Teknik Legato dan Staccato pada Lagu “Rek Ayo Rek” untuk Kwartet Biola di Komunitas Pare String Ansambel. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
SKRIPSI_Atika Rosa Pristianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I_Atika Rosa Pristianti.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB V_Atika Rosa Pristianti-2.pdf Download (1MB) |
|
Text
JURNAL_Atika Rosa Pristianti.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penerapan teknik legato dan staccato pada lagu "Rek Ayo Rek" dirancang sebagai media pembelajaran guna meningkatkan teknik pemain biola di komunitas Pare String Ansambel. Pemain biola yang masih kesulitan menerapkan teknik legato dan staccato yang tertulis pada part mengakibatkan tidak serempaknya bowing naik turun pada setiap pemain biola ketika sedang konser diatas panggung. Penelitian ini merupakan masalah sosial dinamis sehingga metode yang digunakan vaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran dilalui dengan berbagai tahap latihan diantaranya; Pemanasan tangga nada dengan olahan variasi teknik legato staccato, membaca part lagu, bedah section. Hasil dari penelitian ini adalah: para partisipan dapat menerapkan teknik legato staccato pada pemanasan tangga nada, dan membaca part yang memiliki banyak tanda baca legato staccato den gan lebih baik. Kata Kunci: Aransemen; Teknik Legato dan Staccato, Kwar tet Biola
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aransemen; Teknik Legato dan Staccato, Kwartet Biola | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik Seni Musik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2022 07:44 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2022 07:44 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12920 |
Actions (login required)
View Item |