Pemanfaatan Audio Journal Dalam Pembelajaran Enterpreneurship di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta

Ginandha Sakti, Reza and Alif Nur Vadlia, Tunada (2020) Pemanfaatan Audio Journal Dalam Pembelajaran Enterpreneurship di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Reza Ginandha Sakti_2020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Reza Ginandha Sakti_2020_BAB I.pdf

Download (877kB)
[img] Text
Reza Ginandha Sakti_2020_PENUTUP-2.pdf

Download (711kB)
[img] Text
Reza Ginandha Sakti_2020_Submission Jurnal-3.pdf

Download (849kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya kualitas dan kuantitas Jurnal ilmiah di lingkungan ISI Yogyakarta, tidak berbanding lurus dengan meningkatknya budaya membaca khususnya pada mahasiswa. Dalam pembelajaran Enterpreneurship di Program Studi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta, budaya literasi baca memang cenderung jarang dilakukan kecuali saat mahasiswa mencari kutipan atau penugasan. Kurangnya minat membaca tersebut diperparah dengan kondisi mata yang mudah lelah karena terlalu sering terpapar sinar layar perangkat keras, apalagi bila jurnal tersebut disajikan secara online dan dibaca melalui perangkat seperti telepon genggam atau laptop. Untuk mengatasi hal tersebut, dirancanglah sebuah media Audio Journal sebagai salah satu alternatif baru literasi melalui media suara digital kepada mahasiswa. Secara garis besar, Jurnal yang telah terbit akan direkam secara profesional dan sesuai dengan standar teknis data suara digital. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah acuan inovasi literasi dalam pembelajaran teori di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta. Target penelitian ini diantaranya: (1) Audio Journal dapat berperan dalam pembelajaran mahasiswa sebagai sarana literasi, referensi, dan penunjang pengetahuan; (2) Meningkatkan budaya literasi pada mahasiswa; (3) Menumbuhkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan media rekam berupa suara dengan baik dan terarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk melakukan pencarian dan analisis data mengenai permasalahan yang ditemukan, bagaimana proses terjadinya, dan mengapa Audio Jornal ini selanjutnya dapat digunakan sebagai alternatif media literasi yang dapat digunakan mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah interdisiplin, yaitu penggabungan dua atau lebih disiplin menjadi satu, mewujudkan sebuah metodologi baru dalam relevansi konteks ruang lingkup permasalahan yang menjadi kajiannya. Fokus penelitian bertempat di Prodi Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta dalam proses pembelajaran mata kuliah Enterpreneurship, sedangkan untuk pembuatan purwarupa menggunakan laboratorium audio di GLAM Production. Teknik pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan dengan observasi, wawancara, serta studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Teknik validitas menggunakan peer de briefing dengan melakukan wawancara atau tanya jawab kepada ahli teknis Audio book dan akademisi musik. Luaran wajib dalam penelitian ini adalah telah submitted dalam jurnal nasional Mettacommunication (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin) dengan jurnal status sinta 5. Luaran tambahan adalah purwarupa Audio Journal yang telah terdistribusi ke seluruh Digital Podcast Provider seluruh dunia agar dapat dengan mudah diakses mahasiswa dalam semua platform yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ginandha Sakti, Rezanip198911102019031020
Alif Nur Vadlia, Tunadanim18101530132
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: audio journal, literasi, pembelajaran, enterpreneurship
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 04 Dec 2022 14:58
Last Modified: 04 Dec 2022 14:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item