Perancangan Buku Interaktif 3 Kisah Teladan Abdurrahman Bin Auf Agar Anak-Anak Muslim Gemar Bersedekah

Zulfikar Rahmani, Muhammad (2023) Perancangan Buku Interaktif 3 Kisah Teladan Abdurrahman Bin Auf Agar Anak-Anak Muslim Gemar Bersedekah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
MUHAMMAD ZULFIKAR-RAHMANI_2023_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Video
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_KARYA.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Video
MUHAMMAD ZULFIKAR RAHMANI_2023_KARYA.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (48MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19, membuat orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin, bahkan orang miskin membutuhkan 10 tahun lebih lama untuk bertahan hidup, Sedekah diharapkan dapat membantu warga miskin yang terdampak akibat covid¬-19. Maka dari itu, dibutuhkan suatu media yang dapat menanamkan kegemaran tentang sedekah kepada umat Islam di Indonesia, terutama kepada anak-anak. Metode yang dipilih untuk mengajarkan sedekah kepada anak-anak adalah melalui teladan tentang sedekah dari tokoh-tokoh Islam yang gemar bersedekah, tokoh yang tepat untuk menyampaikan teladan sedekah adalah Abdurrahman Bin Auf. Namun, masih sangat jarang ditemukan media yang mengajarkan sedekah melalui inspirasi Abdurrahman bin auf, yang menarik, interaktif, serta komunikatif untuk anak-anak. Maka dari itu, dibutuhkan suatu media yang dapat menjawab masalah tersebut. Buku interaktif, merupakan media yang tepat untuk mengajarkan sedekah kepada anak-anak, karena buku interaktif merupakan buku yang memungkinkan penggunanya untuk aktif melakukan aksi, dikarenakan buku interaktif dapat digerakan, memiliki efek 3d, bahkan dapat mengeluarkan audio. Sehingga pembelajaran tentang sedekah menjadi interaktif, komunikatif dan menarik. Rumusan masalah dari perancangan ini adalah, bagaimana caranya merancang buku interaktif 3 kisah teladan Abdurrahman Bin Auf agar anak-anak muslim gemar bersedekah yang menceritakan tentang kurma busuk. Sedekah ilmu, serta Abdurrahman yang membantu pedagang di pasar Madinah dengan cara yang menarik, informatif serta komunikatif. Dengan tujuan membantu para orang tua dan calon orang tua yang beragama Islam dalam mengajarkan sedekah kepada anak-anaknya yang berusia 8-11 tahun melalui teladan Abdurrahman Bin Auf menggunakan buku interaktif sebagai media utama. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif naratif, melalui wawancara, buku, jurnal serta berita lalu kemudian data tersebut diolah menggunakan metode 5W+1H. Berdasarkan hasil uji media yang telah melibatkan anak-anak usia 8 sampai dengan 11 tahun. Perancangan ini menghasilkan ilustrasi dengan warna pastel, bergaya kartun anak, serta interaktif yang berisikan v-fold, pull tabs¸rotary, lift the flap dan participation, sehingga menghasilkan media yang menarik, komunikatif serta interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Zulfikar Rahmani, Muhammadnim1710238124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorUmar Hadi, Muhammadnidn0024085801
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Sedekah, Abdurahman Bin Auf, Anak-anak, Orang tua, Islam, Buku Interaktif.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Zulfikar Rahmani
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:42
Last Modified: 07 Feb 2023 06:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item