Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology dan Zoom Meeting di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

Octavianingrum, Dilla and Ummuliah, Rabiatul (2021) Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology dan Zoom Meeting di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Dilla Octavianingrum_2021_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2021_Bab I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2021_Bab VI.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2021_Terbitan Prosiding.pdf

Download (667kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi covid-19 harus disusun sedemikian rupa agar tidak terkesan monoton dan membosankan. Terlebih untuk mata kuliah yang sifatnya teori, mahasiswa seharusnya tidak selalu mendengar penjelasan dari dosen melalui layar virtual. Mahasiswa membutuhkan sebuah ruang untuk berdiskusi tanpa dibatasi oleh waktu dan terhalang oleh kuota. Permasalahan yang terjadi beberapa tahun terakhir ini, mahasiswa merasa bosan jika hanya menggunakan Zoom Meeting dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP) memiliki tantangan yang begitu besar karena harus membekali mahasiswa sebagai calon guru dengan berbagai bidang keilmuan. Mahasiswa PSP harus menguasai tiga bidang seni yaitu drama, tari, dan musik serta keilmuan pendidikan. Inovasi perlu dilakukan dengan cara mengemas materi, metode dan media pembelajaran yang variatif dan terstruktur agar belajar mudah dilakukan dimana dan kapan saja. Pembelajaran pada mata kuliah perencanaan pembelajaran awalnya sering menggunakan Zoom Meeting, setelah dilakukan observasi dan evaluasi mahasiswa mengalami berbagai kendala, antara lain hanya beberapa mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran, tidak dapat menyalakan video zoom karena sinyal tidak mendukung, terkadang penjelasan dari dosen putus-putus sehingga materi yang diterima tidak utuh. Mahasiswa melakukan aktivitas lain ketika dosen menyampaikan materi juga menjadi keprihatinan tersendiri. Aplikasi Zoom Meeting dapat dipadupadankan dengan aplikasi lain seperti Schoology. Dosen dapat malakukan diskusi secara tertulis pada forum tersebut dan dapat mengunggah video pembelajaran. Selain itu, dosen juga dapat memberikan tugas kepada mahasiswa melalui aplikasi tersebut, mahasiswa pun akan mudah mengakses dengan menggunakan smartphone. Dengan adanya aplikasi Schoology sebagai partner dari Zoom Meeting, pembelajaran lebih mudah dan tidak monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan e-learning berbasis Schoology dan Zoom Meeting, menemukan model pembelajaran dan mengetahui sejauhmana keefektifan pembelajaran menggunakan elearning berbasis Schoology dan Zoom Meeting. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Research and Development menggunakan fase dari Hanafin dan Peck (Afandi & Badarudin, 2011), yaitu: (a) Need Assessment (Fase Analisis Kebutuhan) (b) Design (Fase Desain), dan (c) Develop/Implement (Fase Pengembangan dan Implementasi). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu model pengembangan yang didesain layak digunakan menurut uji coba ahli, one to one dan small grup akan tetapi masih perlu dilakukan uji keefektifan e-learning untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa. Hasil tersebut dituliskan dalam bentuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi dan Seminar Nasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Octavianingrum, Dillanidn0008109103
Ummuliah, Rabiatulnim1810177017
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Daring, Aplikasi, Schoology, Pembelajaran Seni, e-learning
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 05 Feb 2023 14:09
Last Modified: 05 Feb 2023 14:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item