Pembuatan Aransemen Gaya Modern Lagu Bangun Pemudi Pemuda Untuk Pembelajaran Ansambel Gitar Di Jurusan Musik ISI Yogyakarta

Kustap, Kustap and Narselina, Puput Meinis and Simbolon, Hadri Saprian and Harris, Bryan (2022) Pembuatan Aransemen Gaya Modern Lagu Bangun Pemudi Pemuda Untuk Pembelajaran Ansambel Gitar Di Jurusan Musik ISI Yogyakarta. LPPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Kustap_2022_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Kustap_2022_BAB VI Kesimpulan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Kustap_2022_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teori dalam penelitian ini atalah aransemen. Aransemen merupakan pengolahan sebuah komposisi musik atau lagu ke dalam beberapa suara atau akor baik vokal maupun instrumen tanpa mengubah esensi lagu aslinya. Proses arasemen dari Miller Michael memberikan beberapa langkah: membayangkan kembali karya asli dengan gaya yang berbeda; merevisi ulang karya asli untuk pengelompokan instrumen yang berbeda; melakukan harmonisasi atau reharmonisasi melodi yang sudah ada; memperluas atau tingkatkan melodi yang ada, buat lebih panjang atau lebih rumit; mengubah atau menambah progresi akor yang ada; melengkapi melodi yang ada dengan counter melodi dan pola ritmis; dan mengulangi semua bagian melodi dengan tepat atau dengan cara yang disempurnakan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian terapan ini adalah metode kualitatif pendekatan artistik dengan objek penelitian yaitu lagu Bangun Pemudi Pemuda yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak. Lagu Bangun Pemudi Pemuda awalnya dinyanyikan solo vokal dalam tangga nada G minor dengan sukat 4/4 dengan iringan instrumen piano. Lagu Bangun Pemudi Pemuda sangat menarik untuk dicermati, pada SNMPTN tahun 2022 lagu ini menjadi salah satu lagu wajib yang harus dinyanyikan. Tempat penelitian, dilakukan di Jurusan Musik FSP ISI Yagyakarta. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa ansambel gitar, dan kegiatannya adalah membuat aransemen dan melatih hasil aransemen kepada mahasiswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri yang membuat aransemen dan melatih. Adapun tahap penelitian perancangan diawali dengan cara menentukan lagu, format aransemen, mengaransemen lagu Bangun Pemudi Pemuda, melatih mahasiswa memainkan aransemen, dan mempertunjukan dalam simulasi konser pembelajaran di kelas online. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa karya seni skor lagu yang sudah diaransemen dalam format ansambel gitar, publikasi jurnal nasional, metode pembelajaran online, dan sertifikat KI. Level TKT penelitian ini berada pada level 3, yaitu demonstrasi model atau prototipe sistem/subsistem dalam suatu lingkungan yang relevan. Demonstrasi hasil aransemen dilakukan dalam kelas ansambel gitar online.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kustap, Kustapnidn0001076707
Narselina, Puput Meinisnip199105092020122015
Simbolon, Hadri Sapriannim21102890131
Harris, Bryannim20102670131
Uncontrolled Keywords: Aransemen, Gaya modern, Bangun Pemudi Pemuda
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:09
Last Modified: 07 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item