Transmisi Pembelajaran Kelentangan Pada Mahasiswa Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Irawati, Eli and Wildanun Mukholladun, Muhammad (2021) Transmisi Pembelajaran Kelentangan Pada Mahasiswa Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Eli Irawati_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eli Irawati_2021_BAB VI.pdf

Download (985kB)
[img] Text
Eli Irawati_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
Eli Irawati_2021_Jurnal Submission.pdf

Download (866kB)

Abstract

Keberadaan dan keberlangsungan hidup praktik-praktik musikal di dunia antara lain sangat dipengaruhi oleh transmisi atau pewarisan. Penelitian ini mengambil objek praktik Kelentangan dalam pembelajaran mata kuliah Musik Kalimantan di jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Musik-musik lokal-tradisional di Indonesia, yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat berbudaya oral/lisan, menjadi penting untuk dikaji dalam kaitannya dengan transmisi, oleh karenanya menjadi penting untuk menggali persoalan ini dalam rangka memahami dan membangun model pembelajaran yang bisa digunakan dalam lingkup yang lebih luas, misalnya dalam dunia akademik formal. Terlebih mulai Tahun Akademik 2021-2022 Musik Kalimantan direkomendasikan oleh Institut Seni Indonesia untuk menjadi salah satu mata kuliah dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, oleh karena itu penting untuk mencari formula yang tepat untuk sebuah pembelajaran kelas yang diikuti oleh khalayak luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses transmisi pembelajaran di ruang kelas Musik Kalimantan dan juga mencari formula yang tepat dalam penyampaian materi ajar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan applied ethnomusicology. Metode pengumpulan dilakukan melalui observasi, wawancara dan ditunjang dengan pendokumentasian dan penelusuran literatur. Luaran yang ditargetkan berupa artikel ilmiah dan Buku Transmisi Kelentangan. TKT penelitian ini berada pada level 4 yaitu pengumpulan data, validasi pada lingkungan simulasi atau contoh/kegiatan litbang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Irawati, Elinidn0006118004
Wildanun Mukholladun, Muhammadnim1910721015
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Transmisi, Pembelajaran, Kelentangan, Mahasiswa, Applied Ethnomusicology
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:08
Last Modified: 14 Mar 2023 04:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item