Perancangan Concept Art Film Iklan Animasi “Metamorfodream” Dengan Penerapan Storytelling Sebagai Media Diseminasi Prodi D3 Animasi ISI Yogyakarta

Indah Kurnia Dewi, Nuria and Saraswati, Agni and Nafisa Falihah Furqon, Audrey (2021) Perancangan Concept Art Film Iklan Animasi “Metamorfodream” Dengan Penerapan Storytelling Sebagai Media Diseminasi Prodi D3 Animasi ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nuria Indah Kurnia Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Nuria Indah Kurnia Dewi_Bab I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Nuria Indah Kurnia Dewi_Bab VI.pdf

Download (90kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Prodi D-3 Animasi ISI Yogyakarta (Prodi Animasi) memerlukan proses diseminasi yang berkesinambungan sebagai upaya untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap Prodi Animasi. Terkait dengan hal tersebut, Prodi Animasi sebagai lembaga pendidikan pencetak tenaga kerja dalam bidang animasi dapat melakukan diseminasi melalui sebuah karya fim iklan animasi. Landasan teori yang dipakai adalah teori film animasi oleh Jean Ann Wright dalam Animation Writing and Development from Script Development to Pitch, konsep identitas brand oleh Derrick Chong dalam Arts Management, serta teori penceritaan Struktur Tiga Babak oleh Weels Root Metode penciptaan yang dipakai adalah proses penciptaan kreatif oleh Graham Wallas dalam The Art of Thought, di mana terdapat tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Tujuan penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana penerapan unsur storytelling dalam perancangan concept art film iklan animasi sebagai media diseminasi Prodi Animasi ISI Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan luaran berupa concept art film iklan prodi D-3 Animasi yang diwujudkan dalam desain karakter, desain environtment, skenario, storyboard, dan animatic. Dikarenakan luaran penelitian ini berupa rancangan konsep yang baru diujicobakan dalam tim produksi, maka penelitian ini sesuai dengan TKT tingkat ke-4. Hasil penelitian adalah concept art film iklan animasi berjudul “Metamorfodream”, yang merupakan film iklan animasi berdurasi 3 menit yang dapat menjadi alternatif media diseminasi Prodi D-3 Animasi ISI Yogyakarta. Film animasi ini akan dikerjakan menggunakan teknik animasi dua dimensi dengan menampilkan penggalan cerita dari kehidupan (slice of life) seorang siswa sekolah menengah atas dalam upayanya meraih cita-cita di bidang animasi. Unsur storytelling akan digunakan dalam membangun bahasa komunikasi sehingga iklan yang dihasilkan akan bersifat softsell sehingga dapat dinikmati sebagai sebuah karya film. Perancangan concept art film iklan animasi “Metamorfodream” dilakukan guna mendapatkan rancangan awal yang matang sebelum melakukan proses produksi selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Indah Kurnia Dewi, Nurianidn0023078811
Saraswati, Agninidn0030118903
Nafisa Falihah Furqon, Audreynim1900272033
Uncontrolled Keywords: diseminasi, film iklan animasi, storytelling, concept art, softselling
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:24
Last Modified: 14 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item