Desain Model Pembelajaran Research-Based Learning di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Octavianingrum, Dilla and Handayani, Monika (2022) Desain Model Pembelajaran Research-Based Learning di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Dilla Octavianingrum_2022-BAB I.pdf

Download (909kB)
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2022_SIMPULAN.pdf

Download (833kB)
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Dilla Octavianingrum_2022_Jurnal Submission.pdf

Download (801kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 tidak hanya dituntut pada kemampuan kognitif, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Keterampilan yang harus dikuasai yaitu critical thinking, creativity, collaboration, dan communication yang dikenal dengan istilah 4C. Pembelajaran pada lingkup pendidikan tinggi harus mengajarkan keterampilan 4C yang identik dengan sebuah penelitian, tetapi pada kenyataan masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menyusun karya ilmiah tugas akhir. Model Pembelajaran Research-Based Learning (RBL) merupakan integrasi riset dalam proses belajar-mengajar, yang perlu didesain dan dikemas agar dapat mendukung pencapaian keterampilan 4C sehingga dapat meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tinggi. Desain yang akan disusun menyesuaikan dengan kondisi proses pembelajaran saat ini yaitu menggunakan blended learning. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana desain model pembelajaran researchbased learning? (2) berapa persen mata kuliah yang dapat melakukan model pembelajaran research-based learning? Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan dan mendeskripsikan desain model pembelajaran research-based learning (2) memetakan mata kuliah sesuai rumpun yang dapat diterapkan model pembelajaran research-based learning pada Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, depth interview, angket dan analisis dokumen. Penntuan sampel menggunakan teknik snowball dan purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Hasil penelitian yang didapatkan akan dituliskan dalam bentuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi dan Seminar Nasional. Selain itu, apabila memungkinkan desain model pembelajaran yang disusun akan didaftarkan pada Hak Kekayaan Inteketual.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Octavianingrum, Dillanidn0008109103
Handayani, Monikanim1910235017
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: model, pembelajaran, research based learning
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:23
Last Modified: 15 Mar 2023 07:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item