Aransemen Tembang Dolanan Anak Untuk Pembelajaran Piano Tingkat Dasar

Tio Parahita Nainggolan, Oriana and Suneko, Anon and Putri Neviyanti, Regita (2021) Aransemen Tembang Dolanan Anak Untuk Pembelajaran Piano Tingkat Dasar. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tembang dolanan anak merupakan lagu yang digunakan untuk mengiringi anak-anak ketika bermain, khususnya daerah Jawa Tengah. Tembang dolanan anak merupakan bagian dari kekayaan budaya di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, khususnya untuk anak usia dini, karena melalui tembang dolanan anak, ada banyak pelajaran baik yang berfungsi sebagai media pendidikan. Tembang dolanan anak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada berbagai pelajaran, termasuk musik. Menurut Kodaly, materi-materi pembelajaran musik yang diambil dari folksong adalah materi yang sangat baik untuk meningkatkan musikalitas anak. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka penelitian ini akan membuat aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah untuk pembelajaran piano tingkat dasar. Saat ini, pembelajaran piano tingkat dasar di Indonesia sebagian besar menggunakan buku-buku yang bukan ditulis untuk anak di Indonesia, sehingga materi lagu-lagu yang digunakan adalah lagu-lagu atau folksongs dari asal tempat penulis buku. Bagi sebagian anak akan sedikit sulit untuk menginterpretasikan lagu-lagu dalam buku tersebut, sehingga membuat anak tidak dapat memainkan dengan baik, tetapi hanya membaca notasi musik saja. Melalui aransemen tembang dolanan anak, diharapkan anak dapat memainkan lagu-lagu tradisional Indonesia dan dapat meningkatkan keterampilan bermain piano, khususnya bagi tingkat pemula. Bagi para pemula dalam pembelajaran piano, dibutuhkan latihan yang banyak dengan berbagai macam variasi lagu, sehingga aransemen tembang dolanan anak ini dapat digunakan sebagai salah satu variasi lagu dalam pembelajaran. Aransemen tembang dolanan anak untuk pembelajaran piano tingkat dasar juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman akan musikmusik tradisional Indonesia. Penelitian ini akan dimulai dengan mengumpulkan tembang dolanan anak di Jawa Tengah, kemudian diadakan pemilihan tembang dolanan anak yang akan diaransemen. Setelah tembang dolanan anak yang akan diaransemen dipilih, maka tembang dolanan anak tersebut di aransemen sesuai dengan tingkat keterampilan tingkat pemula.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
Suneko, Anonnidn0002118110
Putri Neviyanti, Regitanim20102700132
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Tembang dolanan, lagu, Jawa Tengah
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:48
Last Modified: 16 Mar 2023 04:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item