Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Teknik Vokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Permata Heldisari, Hana and Susanto, Andi (2022) Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Teknik Vokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I_Hana Permata Heldisari_2022.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB VI_Hana Permata Heldisari_2022.pdf

Download (608kB)
[img] Text
FULL TEXT_Hana Permata Heldisari_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ket. Jurnal_Hana Permata Heldisari_2022.pdf

Download (626kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) menekankan pada pembuatan proyek dari pembelajaran, guru memfasilitasi siswa untuk membuat proyek inovatif di kelas. Model Project Based Learning (PjBL) memuat berbagai macam tugas yang kompleks yang milaui dari pertanyaan –atau pertanyaan yang menantang dan mengarahkan siswa untuk merancang, memecahkan permasalahan, mebuat keputusan, dan melakukan investigasi, serta mebuat peserta didik bekerja secara mandiri. Di sisi lain, tuntutan keterampilan abad 21 yaitu collaborative, creative, critical thingking, dan communicative juga harus dimiliki anak dalam menghadapi era 21. Hal ini berkaitan dengan prinsip dari project based learning dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Dalam pendekatan project, anak akan menyampaikan hasil kegiatannya, dimana hal ini menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam abad 21. Pembelajaran teknik vokal memuat tujuan dalam mencapai keterampilan bernyanyi secara individu dan kelompok. Pada proses pembelajarannya, mahasiswa diharapkan dapat membuat aransemen dalam bentuk paduan suara (SATB), dan menghasilkan sebuah karya yang dipublikasikan dalam bentuk video. Permasalahannya, beberapa kegiatan misalnya lomba paduan suara, vokal grup, atau menyanyi solo diproduksi secara digital, melalui proses recording, editing, dan mastering. Oleh karena itu, pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman tersebut sebagai sebuah proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model project based learning pada mata kuliah Teknik Vokal untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis true experiment dengan desain pretest-posttest control group design dimana terdapat 2 (dua) kelompok yaitu kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran seperti tahun ajaran sebelumnya yaitu drill dan kelompok eksperimen yang menggunakan model Project based learning. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dengan jangka waktu penelitian selama 10 bulan. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sedang menempuh mata kuliah Teknik Vokal pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 42 orang. Setelah didapatkan sampel, selanjutnya dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen secara acak. Pretest menggunakan instrumen tes di awal pertemuan. Selanjutnya, perlakuan diberikan selama 8 kali pertemuan menggunakan model project based learning dan dilanjutkan dengan posttest. Analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-test, dimana model project based learning sebagai variabel independent 1 (X1), metode drill sebagai variabel independent 2 (X2), dan hasil belajar sebagai variabel dependent (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa PjBl efektif sebesar 54,73% untuk meningkatkan hasil belajar di bidang vokal berbasis digital. Penelitian ini berada pada TKT skala 2. Skala 2 menunjukan pembuktian konsep fungsi dan/atau karakteristik project based learning pada mata kuliah teknik vokal baik secara analitis. Hasil penelitian telah disubmit pada Jurnal Pembelajaran dan Pedagogi Sinta 2 dan dipresentasikan pada seminar internasional ICOMAC #2 / International Conference on Music And Culture pada tanggal 20 September 2022 di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Kata_kunci_1: project based learning, teknik vokal, digital, hasil belajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Permata Heldisari, Hananip199005292019032010
Susanto, Andinim1910227017
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: project based learning, teknik vokal, digital, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:41
Last Modified: 17 Mar 2023 08:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13936

Actions (login required)

View Item View Item