Tembang Dolanan Anak Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dalam Jaringan Anak UsiaDini di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Sinduadi Mlati Sleman.

Raharja, Budi and Ridlwan Munier, Fatih (2021) Tembang Dolanan Anak Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dalam Jaringan Anak UsiaDini di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Sinduadi Mlati Sleman. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Sendratasik FSP ISI Yogyakarta.

[img] Text
FULL TEKS Budi Raharja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Budi Raharja.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN Budi Raharja.pdf

Download (61kB)
[img] Text
LAMPIRAN Budi Raharja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy

Abstract

Laporan kemajuan penelitian ini melaporkan hal-hal yang dilakukan dalam penelitian hingga saat ini. Alasan dilakukan penelitian ini adalah kemampuan membaca anak Indonesia di tingkat dunia rendah. Hal ini mengindikasikan cita�cita mewujudkan generasi bangsa yang dapat bersaing secara global masih jauh dari kenyataan. Penulis ingin membantu memecahkan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan pembelajaran membaca di jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak dengan alasan masa tersebut adalah masa usia emas mengoptimalkan kemampuan manusia, termasuk di dalamnya kemampuan membaca. Peneliti akan membuat model pembelajaran membaca anak usia dini berbasis kearifan lokal Jawa, menggunakan tembang dolanan anak. Metode penelitian pengembangan (merancang model, menguji, dan melaporkan hasilnya) digunakan dalam penelitian ini. Rancangan model pembelajaran menggunakan tembang cara menghafal huruf, cara mengingat bentuk huruf, cara membaca huruf hidup, cara belajar mengeja dan pengayaan direkam dalam bentuk video dikirimkan ke orang tua siswa untuk dipelajari kemudian diajarkan kepada anaknya. Selain itu orang tua diminta menjawab kuesioner tentang pelaksanaan pembelajaran tersebut dan video juga diungggah dalam kanal youtube untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan tanggapan orang tua siswa sedangkan tanggapan masyarakat disampaikan melalui fasilitas yang disediakan youtube. Hasilnya model pembelajaran membaca berbasis tembang anak untuk anak usia dini di masa pandemi mempunyai kekuatan dan kelemahan. Kekuatannya model dapat mendorong belajar membaca, suasana belajar menyenangkan; sedangkan kekurangannya pembelajaran belum optimal karena orang tua bekerja dan tidak semua dari mereka menguasai tembang anak serta bahasa pengantar model menggunakan bahasa campuran. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran tatap muka dan mengganti bahasa pengantarnya bahasa Jawa semuanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Raharja, Budinip195701121987031001
Ridlwan Munier, Fatihnim1810187017
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Tembang, dolanan anak, pembelajaran, membaca, anak usia dini, taman kanak-kanak,
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 02 Jun 2023 14:08
Last Modified: 02 Jun 2023 14:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item View Item