Pembelajaran Instrumen Fagot Kelas X Dalam Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Bermain Fagot Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul

Cindy Rara, Sigalingging (2023) Pembelajaran Instrumen Fagot Kelas X Dalam Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Bermain Fagot Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Cindy Rara Sigalingging_2023_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cindy Rara Sigalingging_2023_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cindy Rara Sigalingging_2023_BAB V Penutup.pdf

Download (669kB)
[img] Video
VID20220623104550.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (197MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran instrumen fagot dan mengetahui hasil pembelajaran teknik-teknik dasar seperti ambasir, pernafasan, dan penjarian. Proses pembelajaran instrumen fagot ada beberapa teknik yang perlu diterapkan dalam membawakan sebuah karya Johan Hook yang berjudul Minuetto, salah satunya adalah teknik pernafasan diafragma, ambasir serta penjarian. Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dilapangan, penulis menemukan terdapat beberapa kendala mengenai pembelajaran instrumen fagot yang dialami oleh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul kendala yang dihadapi siswa kelas X yaitu siswa masih kesulitan dalam memainkan karya lagu untuk fagot. Dalam memainkan lagu pada instrumen fagot diperlukan penguasaan teknik seperti penjarian, ambasir, dan pernafasan. Selain itu, terdapat juga kendala yang terjadi pada siswa kelas X, yaitu reed yang ketebalan menjadikan penguasaan ambasir belum baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dalam mengenai proses pembelajaran instrumen fagot di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan latihan ambasir, penjarian, dan pernafasan yang dilakukan secara terus menerus, siswa dapat memainkan lagu untuk instrumen fagot dengan baik dan benar. Dapat disimpulkan bahwa dengan setiap pertemuan, dan perkembangannya siswa mulai ada perkembangan dengan adanya latihan yang efektif, siswa tingkat X mampu memainkan lagu Minuetto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Cindy Rara, SigalinggingUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorSurtihadi, RMnidn0005077006
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teknik, Fagot, Minuetto, John Hook
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Depositing User: Cindy Rara Sigalingging
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:44
Last Modified: 17 Jul 2023 06:44
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item