Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Pertunjukan Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka di Sanggar Seni Bontoramba Kabupaten Gowa

Kurnia, Imam (2023) Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Pertunjukan Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka di Sanggar Seni Bontoramba Kabupaten Gowa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Imam Kurnia_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Imam Kurnia_2023_BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
Imam Kurnia_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Imam Kurnia_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Edukasi tentang pendidikan karakter saat ini tidak hanya termuat di dalam lembaga atau kurikulum yang ada di sekolah. Pendidikan juga terdapat di dalam bentuk kesenian, seperti kesenian tutur atau tradisi lisan. Salah satu kesenian tutur yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter adalah sinrilik di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Sanggar Seni Bontoramba adalah salah satu sanggar seni yang memfasilitasi orang-orang di dalamnya untuk mengenal dan mempelajari kesenian tutur sinrilik. Dalam perjananannya, Sanggar Seni Bontoramba telah mengembangkan sinrilik sebagai edukasi untuk masyarakat sekitar, pelajar, dan seniman tentang pendidikan karakter melalui sajian kisah-kisah yang ada di dalamnya. Sinrilik tidak hanya sebagai hiburan, namun juga sebagai penyaluran edukasi tentang pentingnya pendidikan karakter dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka di Sanggar Seni Bontoramba Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan desain desktiptif kualitatif. Objek penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam salah satu sajian kisahnya, yakni I Makdik Daeng Rimakka. Data yang digunakan berasal dari hasil wawancara dengan beberapa pihak dan pengamatan langsung pada pertunjukan sinrilik. Data yang didapatkan kemudian divalidasi menggunakan triangulasi teknik serta dianalisis sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa nilai pendidikan karakter yang ada dalam sinrilik I Makdik Daeng Rimakka yakni nilai religius, toleransi, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, dan peduli sosial. Nilai-nilai tersebut dapat ditemukan pada naskah, syair, pasinrilik, tata busana pasinrilik, dan audiens pertunjukan sinrilik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kurnia, Imamnim1910210017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorProbosini, Agustina Ratrinidn0014086417
ContributorIswantara, Nurnidn001066403
Department: KODE PRODI 88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, sinrilik I Makdik Daeng Rimakka, deskriptif kualitatif.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Imam Kurnia
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:59
Last Modified: 31 Jul 2023 01:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item