Pemanfaatan Software Fl Studio & Musescore Dalam Transkripsi Notasi Musik Nagham Bayyati Pada Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an

Gupita Esti, Bening (2023) Pemanfaatan Software Fl Studio & Musescore Dalam Transkripsi Notasi Musik Nagham Bayyati Pada Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BENING GUPITA ESTI_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BENING GUPITA ESTI_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BENING GUPITA ESTI_2023_BAB V.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BENING GUPITA ESTI_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN -PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
Official URL: https:/lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan pemanfaatan software FL Studio dan MuseScore dalam transkripsi notasi musik nagham Bayyati pada pembelajaran tilawah Al-Qur’an. Nagham Bayyati adalah salah satu jenis irama dalam seni baca AlQur’an. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan tentang permasalahan yang ada di MTsN 1 Lombok Timur yaitu pelantun tilawah yang cenderung mengandalkan kemampuan pendengaran dan kemampuan mengingat saat dicontohkan saja. Fokus pnelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menidentifikasi proses serta bentuk transkripsi nagham Bayyati dalam notasi musik dengan software Fl Studio & MuseScore, dan implementasinya terhadap pembelajaran tilawah Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pentranskripsian nagham Bayyati dapat dituliskan dalam notasi balok, namun memiliki kekurangan yaitu faktor limitation pulse and rhythm pada software,dan terdapat banyak ornamentasi vokal secara melismatik, sehingga ditakutkan melanggar hukum bacaan. Bentuk transkripsi nagham Bayyati terdapat 3 tingkatan nada yaitu Nawa, Jawab, dan Jawabul Jawab dan 1 variasi melodi yaitu Husaini yang menggunakan tangga nada minor asli dan minor zigana. Penerapan transkripsi ini memiliki manfaat dalam meningkatkan kepekaan siswa dalam mengingat nada dan irama, serta membantu siswa dalam menentukan nada dasar lantunan tilawah nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gupita Esti, Beningnim19102060132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryati, Suryatinidn0001096407
UNSPECIFIEDFaozata, Sagafnidn0012048408
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Transkripsi Nagham, Tilawah, FLStudio, MuseScore
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bening Gupita Esti
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:10
Last Modified: 21 Aug 2023 03:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14577

Actions (login required)

View Item View Item