Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan

Sheylla Prawirahati, Rr. Hervin (2023) Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
RR. HERVIN SHEYLLA P_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RR. HERVIN SHEYLLA P_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RR. HERVIN SHEYLLA P_2023_BAB V.pdf

Download (754kB)
[img] Text
RR HERVIN SHEYLLA P_2023_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Reward dan Punishment merupakan salah satu pendekatan yang sering dilakukan terutama dalam dunia pendidikan. Reward diberikan bagi siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan Punishment diberikan bagi siswa yang tidak mengikuti peraturan yang telah dibuat bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar seni musik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan sebanyak 76 siswa dari populasi sebanyak 325 siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis statistik deskriptif rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata penerimaan Reward dan Punishment berada pada kategori sedang. Dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa metode Reward dan Punishment memiliki pengaruh yang signifikan Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam materi seni musik di SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan. Hal ini didukung dengan adanya hasil t hitung > t tabel (5,168 > 1,692) dan f hitung > f tabel (26,707 > 4, 144). Sedangkan dari R Square sebesar 0,447 membuktikan bahwa Reward dan Punishment mempengaruhi motivasi belajar sebesar 44,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sheylla Prawirahati, Rr. Hervinnim1910224017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorHeldisari, Hana Permatanidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Reward dan Punishment, Motivasi Belajar, Seni Musik
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Rr Hervin Sheylla Prawirahati
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:40
Last Modified: 04 Aug 2023 01:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item