Efektivitas Penggunaan Metode Rhythm Syllables Pada Pembelajaran Seni Musik Untuk Siswa Kelas 4 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Qisthi Clarita, Regina (2023) Efektivitas Penggunaan Metode Rhythm Syllables Pada Pembelajaran Seni Musik Untuk Siswa Kelas 4 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Regina Qisthi Clarita_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Regina Qisthi Clarita_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Regina Qisthi Clarita_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Regina Qisthi Clarita_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Regina Qisthi Clarita_2023_PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (762kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penerapan metode rhythm syllables pada pembelajaran seni musik untuk kelas 4 di SD Muhammadiyah Sapen ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan metode tersebut sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran ritmis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Metode penelitian kuantitatif eksperimen ini membutuhkan dua jenis sampel yang didapat dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test sebagai instrumen pengumpulan data, dan menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science) sebagai alat untuk analisis data. Dari hasil uji analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran ritmis menggunakan metode rhythm syllables lebih unggul 9,286 dibandingkan kelas kontrol dan peningkatan tersebut juga terbukti signifikan dengan nilai sig 0,032<0,05. Siswa yang diajarkan menggunakan metode rhythm syllables ini juga dapat memainkan pola ritmis dengan baik dan tepat. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode rhythm syllables dalam pembelajaran seni musik ini efektif untuk diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Qisthi Clarita, Reginanim19101930132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorYunita, Ayu Tresnanidn0021067704
ContributorRamafisela, Lingganidn0010039204
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: rhythm syllables, efektivitas, pembelajaran seni musik, sekolah dasar
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Regina Qisthi Clarita
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:09
Last Modified: 09 Aug 2023 01:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item