Jeva Jireh Jalmav, Christo (2023) Pendidikan Mind Mapping Pada Pembelajaran Sejarah Musik Kelas XI.B di SMKN 2 Kasihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Christo Jeva Jireh Jalmav_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Christo Jeva Jireh Jalmav_2023_BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
Christo Jeva Jireh Jalmav_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (319kB) |
|
Text
Christo Jeva Jireh Jalmav_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Hanifah Awindya Nismara_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan masalah pada proses kegiatan belajar mengajar sejarah musik. Pada proses pembelajaran sejarah musik guru menggunakan metode problem based learning berbantuan dengan discovery learning, akan tetapi pada penerapannya belum dapat memaksimalkan proses pembelajaran sejarah musik. Penggunaan metode tersebut tidak direspon baik oleh siswa yang mengakibatkan kelas menjadi pasif dan mengakibatkan siswa bosan dan merasa suasana pembelajaran tidak kondusif. Melihat dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode mind mapping guna mengatasi kendala tersebut. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran sejarah musik, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XIB berjumlah 26 siswa dan guru pengampu mata pelajaran sejarah musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan kedalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode mind mapping mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran sejarah musik. Pada siklus 1 penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata nilai hasil pembelajaran adalah 78.08, meningkat pada siklus 2 menjadi 85.12. Mind mapping juga mampu menciptakan suasana pembelajaran menjadi kondusif serta mengatasi rasa bosan siswa, dan mampu meningkatkan nilai hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | mind mapping; sejarah musik; pembelajaran | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 09:10 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 16:04 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14986 |
Actions (login required)
View Item |