Pranhadinata, Ary (2009) Pemanfaatan Instrumen-Instrumen Rebana Khasidah dalam Pembelajaran Ensambel Musik Anak di SD Negeri 08 Purwoharjo Comal Pemalang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana proses pembelajaran musik rebana di SD Negeri 08 Purwoharjo. Tujuan studi ini mempelajari pembelajaran musik rebana, baik pada aransemen perkusi maupun paduan dengan alat musik lainya yang sesuai dengan tingkat usia SD sehingga mampu menambabkan rasa cinta musik serta menunjang pembelajaran musik di sekolah. Pembahasan menunjukan bahwa pembelajaran musik dapat menjadikan musik sebagai sebuah pengalaman pribadi, meperoleh pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresilberkreasi dan berapresiasi melalui seni, sehingga memperoleh kemampuan menguasai olah vokal, memainkan alat musik dan memainkan karya musik, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran rebana tersebut dapat memberikan pengajaran yang aktif-atraktif disertai pengalaman mengolah rasa terhadap sumber bunyi dengan demikian hal tersebut menjadikan anak: didik kreatif, disiplin , belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, serta membangun cara berfikir (kognitif), perilak:u emosi (afektif) dan perilaku sehari-hari (psikomotorik) yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | rebana, pembelajaran, ensambel musik | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 01:54 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:11 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15469 |
Actions (login required)
View Item |