Pemanfaatan Instrumen-Instrumen Rebana Khasidah dalam Pembelajaran Ensambel Musik Anak di SD Negeri 08 Purwoharjo Comal Pemalang Tahun Ajaran 2008/2009

Pranhadinata, Ary (2009) Pemanfaatan Instrumen-Instrumen Rebana Khasidah dalam Pembelajaran Ensambel Musik Anak di SD Negeri 08 Purwoharjo Comal Pemalang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana proses pembelajaran musik rebana di SD Negeri 08 Purwoharjo. Tujuan studi ini mempelajari pembelajaran musik rebana, baik pada aransemen perkusi maupun paduan dengan alat musik lainya yang sesuai dengan tingkat usia SD sehingga mampu menambabkan rasa cinta musik serta menunjang pembelajaran musik di sekolah. Pembahasan menunjukan bahwa pembelajaran musik dapat menjadikan musik sebagai sebuah pengalaman pribadi, meperoleh pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresilberkreasi dan berapresiasi melalui seni, sehingga memperoleh kemampuan menguasai olah vokal, memainkan alat musik dan memainkan karya musik, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran rebana tersebut dapat memberikan pengajaran yang aktif-atraktif disertai pengalaman mengolah rasa terhadap sumber bunyi dengan demikian hal tersebut menjadikan anak: didik kreatif, disiplin , belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, serta membangun cara berfikir (kognitif), perilak:u emosi (afektif) dan perilaku sehari-hari (psikomotorik) yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pranhadinata, Arynim0310833013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHardani, HardaniUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: rebana, pembelajaran, ensambel musik
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:54
Last Modified: 01 Nov 2023 08:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item